Inilah Kumpulan Rumus Trigonometri Dalam Matematika

Rumus Trigonometri – Dalam pembahasan kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan tentang rumus trigonometri matematika, yang mana rumus ini sudah tidak asing lagi didunia pendidikan matematika.

rumus trigonometri

Kumpulan Rumus Trigonometri Dalam Matematika

Menegnai trigonometri, trigonometri matematika merupakan salah satu materi yang memiliki rumus berhadapan satu sama lain dengan sudut segitiga dan fungsi trigonometri.

Pengertian Trigonometri

Trigonometri berasal dari dua kata, yakni trigonos dan metros. Trigonos yang berarti segitiga dan metros yang berarti ukuran, dengan kata lain trigonometri adalah ukuran-ukuran dalam segitiga dimana ukuran-ukuran tersebut ialah ukuran sisi-sisi dan sudutnya.

Jadi, Trigonometri adalah bagian dari pada ilmu matematika yang mempelajari tentang hubungan antara sisi dan sudut dari segitiga serta memiliki fungsi dasar yang muncul dari relasi tersebut.

Trigonometri juga merupakan suatu cabang matematika yang berhadapang dengan sudut segitiga, yakni seperti Sinus (Sin), Cosinus (Cos), dan Tangen (Tan) serta Secan (Sec), Cosecen (Cosec), dan Cotangen (Cot).

Nilai Fungsi Trigonometri

Nilai fungsi trigonometri terbagi 2 yakni sebagai berikut:

1. Nilai Fungsi Trigonometri dalam Sudut istimewa

Sudut istimewa merupakan sudut yang memiliki besarat derajat yakni: 0, 30, 45, 60, 90 derajat. Untuk dapat menentukan sudut istimewa ini kita dapat menggunakan konsep geometri. Dan berikut table dalam sudut istimewa.

rumus trigonometri

Berikut rumus yang juga dapat membantu kita untuk mencari besar nilai dari fungsi trigonometri yang memiliki hubungan dengan sudut istimewa seperti gambar diatas.

rumus trigonometri

Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh soal berikut.

rumus trigonometri

2. Nilai Fungsi Trigonometri dalam Sudut lainnya

Dalam menentukan sudut lainnya dengan kata lain sudut yang tidak istimewa dapat kita lihat dengan menggunakan table atau dengan scientific kalkulator yang dilengkapi dengan fungsi trigonometri.

Rumus-Rumus Trigonometri

Ada berbagai macam rumus trigonometri seperti: Rumus fungsi trigonometri, identitas trigonometri, jumlah dan selisih dua sudut trigonometri, perkalian dua fungsi trigonometri, sudut kembar (sudut 2A), dan jumlah dan selisih dua fungsi trigonometri.

 

Berikut Rumus-Rumus Trigonometri:

1. Aturan Sinus dan Aturan Cosinus

rumus trigonometri

2. Rumus Fungsi Trigonometri

Untuk memahami rumus fungsi trigonometri terlebih dulu kita harus memahami gambar segitiga berikut:

rumus trigonometri

Sehingga kita akan dapat menemukan sebuah rumus yang dapat kita ingat.

rumus trigonometri

Berikut Rumus fungsi trigonometri:

rumus trigonometri

3. Rumus Identitas Trigonometri

rumus trigonometri

4. Rumus Jumlah Dan Selisih Dua Sudut Trigonometri

rumus trigonometri

5. Rumus Perkalian Dua Fungsi Trigonometri

rumus trigonometri

6. Rumus Sudut Kembar (Sudut 2A)

rumus trigonometri

7. Rumus Jumlah Dan Selisih dua Fungsi Trigonometri

rumus trigonometri

Adapun rumus pythagoras dalam pembahasan trigonometri, yakni seperti pada gambar.

8. Rumus Pythagoras

rumus trigonometri

 

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai rumus trigonometri dalam matematika, semoga dapat memberikan manfaat bagi sahabat palui sekalian. mohon kritik dan sarannya ya sahabat. dan silahkan tambahkan rumus-rumus lainnya yang berkaitan dengan trigonometri pada kolom komentar.

Untuk contoh soal dan penyelesaiannya dari pembahasan ini nanti palui akan berikan pada artikel selanjutnya. Terimakasih.

“Indahnya Berbagi Ilmu”

Leave a Reply