Begitu Pentingnya Mendahulukan Adab Sebelum Ilmu

Pentingnya Mendahulukan Adab Sebelum Ilmu – Dizaman sekarang banyak orang yang lebih mementingkan ilmu daripada adab, ada berapa banyak guru-guru pendidikan yang lebih menginginkan anak didikannya itu pintar. padahal seorang guru tidaklah hanya menjadikan anak didik itu pintar namun yang terpenting adalah dapat menjadikan anak didiknya memiliki adab.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut kini paluipuntik akan memberikan sedikit pembahasan mengenai pentingnya mendahulukan adab Sebelum ilmu.

pentingnya mendahulukan adab sebelum ilmu

Pentingnya Mendahulukan Adab Sebelum Ilmu

Mengenai pentingnya mendahulukan adab Sebelum ilmu dapat kita simak dahulu perkataan ulama-ulama terdahulu.

Perkataan Imam Malik RA kepada seorang pemuda quraisy.

تعلم الأدب قبل أن تتعلم العلم

“Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.”

Perkataan Yusuf bin Al Husain

بالأدب تفهم العلم

“Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”

Perkataan Ibnul Mubarok

تعلمنا الأدب ثلاثين عاماً، وتعلمنا العلم عشرين

“Kami mempelajari masalah adab itu selama 30 tahun sedangkan kami mempelajari ilmu selama 20 tahun.”

Perkataan Ibnu Sirin

كانوا يتعلمون الهديَ كما يتعلمون العلم

“Mereka -para ulama- dahulu mempelajari petunjuk (adab) sebagaimana mereka menguasai suatu ilmu.”

Perkataan Makhlad bin Al Husain kepada Ibnul Mubarok

نحن إلى كثير من الأدب أحوج منا إلى كثير من حديث

“Kami lebih butuh dalam mempelajari adab daripada banyak menguasai hadits.”

Perkataan Abdullah bin Wahab

ما نقلنا من أدب مالك أكثر مما تعلمنا من علمه

“Yang kami nukil dari (Imam) Malik lebih banyak dalam hal adab dibanding ilmunya.”

Perkataan Ibu Imam Malik ketika imam malik disuruh untuk duduk bermajelis kepada Robi’ah Ibnu Abi ‘Abdirrahman

تعلم من أدبه قبل علمه

“Pelajarilah adab darinya sebelum mengambil ilmunya.”

Perkataan Imam Abu Hanifah

الْحِكَايَاتُ عَنْ الْعُلَمَاءِ وَمُجَالَسَتِهِمْ أَحَبُّ إلَيَّ مِنْ كَثِيرٍ مِنْ الْفِقْهِ لِأَنَّهَا آدَابُ الْقَوْمِ وَأَخْلَاقُهُمْ

“Kisah-kisah para ulama dan duduk bersama mereka lebih aku sukai daripada menguasai beberapa bab fiqih. Karena dalam kisah mereka diajarkan berbagai adab dan akhlaq luhur mereka.”

Dari perkataan-perkataan inilah sehingga betapa pentingnya kita mendahulukan adab Sebelum ilmu. Sebab orang yang beradab tentunya akan memiliki ilmu dan orang yang berilmu belum tentu ia beradab.

Berapa banyak orang yang menuntut ilmu hingga sekolah kejenjang yang lebih tinggi baik itu ilmu dunia maupun ilmu akhirat yang mana ilmu tersebut tidak memiliki keberkahan didalamnya yang disebabkan kurangnya adab, kurangnya adab dalam menuntut ilmu yang dapat kita lihat adalah dari kesombongannya terhadap ilmunya serta merasa paling benar.

Hubungan Adab dengan Ilmu

Sebagai permisalan hubungan adab dengan ilmu, Ada sebuah taman dimana taman tersebut memiliki bunga-bunga yang indah bahkan jika didekati akan terasa keharuman dari bunga-bunga tersebut serta dapat memberikan ketenangan ketika berada disana karena taman tersebut dijaga dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Begitu juga dengan adab, orang yang memiliki adab tentunya akan memberikan ketenangan kepada orang lain yang mendekatinya yang disebabkan dari keindahan adab tersebut lain halnya dengan orang yang tidak beradab maka ia akan merusak sama halnya dengan memiliki taman bunga namun tak bisa menjaga dan memelihara taman bunga tersebut hingga rusaklah kebun bunga yang dimiliki.

Jadi, dari permisalan tersebut dapat kita ambil bagaimana hubungan adab dengan ilmu, ilmu itu ibarat pengetahuan yang mana telah kita ketahui bahwa ketika kita memiliki taman bunga maka kita haruslah merawat dan menjaganya agar taman bunga tersebut memiliki keindahan, nah adabnya adalah perlakuan kita terhadap kebun tersebut, melakukan perawatan dan menjaganya dengan baik.

Serasa percuma jika tahu ilmu tetapi tidak tahu dengan adab, dan sangat mustahil jika orang beradab tidak tahu dengan ilmu. Sehingga begitu pentingnya mendahulukan adab Sebelum ilmu.

pentingnya mendahulukan adab sebelum ilmu

Penting juga, jika kita berkecimpung didunia pendidikan yakni sebagai tenaga pengajar atau guru, hendaknya lebih banyak memberikan pendidikan mengenai adab, jadi bukan cuman memberikan ilmu. Ingat kepintaran anak didik tak akan berguna nantinya jika adabnya kurang.

Lihatlah ada berapa banyak kasus tauran atar pelajar, Ada berapa banyak kasus pelajar atau siswa yang telah hamil diluar nikah, dan masih banyak lagi kasus-kasus yang dapat merusak mentalnya. nah ini disebabkan karena apa? karena kurangnya pendidikan adab, Belum lagi murid yang berani dengan gurunya. dan ingatlah bahwa pentingnya mendahulukan adab sebelum ilmu.

pentingnya mendahulukan adab sebelum ilmu

suratkabar id

Ilmu tanpa adab bagaikan taman bunga yang indah namun akhirnya rusak dan hancur, lain halnya ilmu dengan adab bagaikan taman bunga yang selalu dijaga dan dirawat agar lebih indah lagi.

Nah, itulah tadi sedikit pemaparan mengenai pentingnya mendahulukan adab sebelum ilmu. Semoga bermanfaat bagi sahabat palui sekalian, dan mohon maaf jika terdapat kekurangan serta mohon kritik dan sarannya.

Terimakasih…

 

 

Leave a Reply