Inilah Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Pengolahan Sampah Organik – Mengenai sampah, sampah memang terdengar tidak asing lagi, banyak masalah di lingkungan yang dapat ditimbulkan oleh sampah, misalnya banjir, bau yang tidak sedap, dan yang pasti memiliki efek perusakan lingkungan sekitar yang di sebabkan membuang sampah sembarangan baik itu di sungai, jalan,  maupun tempat lainnya. Namun dari sampah terdapat manfaatnya juga lo.

kbknews.id

Inilah Cara Pengolahan Sampah Organik Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat

Sebelum masuk kepembahasan perlu kita ketahui dulu macam-macam jenis sampah yang ada dilingkungan sekitar, sehingga kita dapat mengolah sampah tersebut sesuai jenis dan pemanfaatannya.

Macam-macam Jenis Sampah

Sampah Anorganik

internapcdn.net

Pada umumnya sampah anorganik merupakan jenis sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai yang mana proses penghancurannya memakan waktu yang cukup lama, namu jenis sampah yang seperti ini  bias juga didaur ulang dan dijadikan bahan kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi pula, jenis sampah ini seperti, plastik, kaleng, botol , seng, karet, logam dan lainnya. Jenis sampah ini juga dapat digunakan untuk meninggikan tanah yang rendah dengan cara dihancurkan.

Sampah Organik

doityourself.com

Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai Jenis sampah ini biasanya digunakan untuk diolah menjadi pupuk kompos, yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam pertanian, maupun perkebunan.jenis sampah ini meliputi sampah dapur, seperti sisa sayuran dan sisa buah-buahan yang merupakan jenis sampah organik basah, sedangkan sampah dedaunan kering yang gugur, sampah sisa pertanian merupakan jenis sampah organik kering, dan sampah organik lainnya.

Dari berbagai macam masalah yang ditimbulkan oleh sampah, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memberdayakan sampah, contohnya saja pengolahan sampah organik yang menjadi pupuk kompos.

Pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos

sebelum mengolah pupuk kompos, terlebih dahulu kita memilah yang mana sampah-sampah yang dapat digunakan untuk membuat pupuk kompos, seperti memilah yang mana sampah organik dan yang mana sampah anorganik.

Pengolahan sampah organik yang menjadi pupuk kompos dapat dilakukan dengan prinsip penguraian bahan-bahan organik dengan cara fermentasi, bahanya berupa dedaunan atau sampah rumah tangga lainnya yang merupakan bahan organik, serta campuran berupa kotoran ternak seperti sapi, kambing, ayam.

Berikut cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos dengan mudah dan murah yang dapat kita lakukan untuk keperluan sendiri maupun kelompok yang tentunya akan memberikan banyak manfaat pada lingkungan sekitar.

Cara Pengolahan Sampah Organik menjadi Pupuk kompos.

  1. Persiapkan sampah-sampah organik seperti dedaunan, sisa sayuran dapur, rumput serta sampah lainnya yang merupakan sampah organik.
  2. Potong sampah tersebut sampai menjadi kecil, bisa dengan cara manual maupun dengan menggunakan mesin khusus pencacah sampah organik.
  3. Campurkan sampah tersebut yang sudah halus dengan kotoran kambing.
  4. Setelah sampah dan kotoran kambing tadi tercampur kemudian siram dengan larutan gula atau air biasa dan larutan bakteri EM4 yang disesuaikan dengan banyaknya bahan atau sampah yang akan diolah, lalu campur dan aduk hingga rata sampai bahan menjadi basah dan lembab. Larutan bakteri EM4 biasanya ada di toko-toko pertanian.
  5. Setelah tercampur, masukan kedalam wadah atau bak penampungan seperti karung atau pelastik yang besar dan biarkan bahan tersebut berfermentasi sekitar 2 – 3 bulan atau hingga pupuk siap digunakan.

Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal serta berkelanjutan, sebaiknya dalam pembuatan pupuk kompos dilakukan secara periodik, sehingga dapat dimanfaatkan dan digunakan secara berkelanjutan.

Perlu kita ketahui pupuk kompos bisa kita gunakan dalam sistem pertanian yang memiliki sifat ramah lingkungan serta memiliki hasil panen yang lebih.

nystateleague.com

Dengan memanfaatkan pupuk organik, selain dapat menanggulangi limbah yang menimbulkan banyak masalah lingkungan, berati kita juga menerapkan gaya hidup yang sehat.

inilah cara pengolahan sampah organik yang diolah menjadi pupuk kompos, dan masih banyak lagi jenis pengolahan sampah organik yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. semoga artikel ini memberikan manfaat.

Leave a Reply