Inilah Manfat Sholat Tepat Waktu Dan Keutamaannya

Manfaat Sholat Tepat Waktu – sholat merupakan rukun islam yang kedua setelah dua kalimat syahadat. Sholat terbagi menjadi dua yakni sholat wajib dan sholat sunnah. Berkaitan dengan sholat wajib, sholat wajib memiliki waktunya masing-masing yang ditandai dengan adzan.

Nah, pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan mengenai manfaat sholat tepat waktu beserta keutamaannya, yang mana penjelasan ini diharapkan dapat memberikan kesadaran serta motivasi agar kita dapat melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

manfaat sholat tepat waktu

Manfaat Sholat Tepat Waktu Dan Keutamaannya

Sholat merupakan salah satu ibadah yang harus kita laksanakan, terutama sholat wajib. Sholat itu sendiri memiliki waktunya sendiri yang ditandai dengan adanya adzan sebagai penanda waktu sholat.tidak hanya orang yang sehat yang diwajibkan mengerjakan sholat (sholat wajib) orang yang dalam keadaan sakit pun diwajibkan untuk mengerjakan sholat.

Malu rasanya ketika orang yang sakit dapat mengerjakan sholat wajibnya dengan tepat waktu, sedangkan kita yang sehat ini lalai dalam melaksanakan sholat. Padahal kita telah tahu bagaimana keutamaan dan manfaat dari sholat tepat waktu ini. Sungguh sangat disayangkan jika kita lalai dalam melaksanakannya.

Firman Allah SWT:

“Dan orang-orang yang menjaga sholatnya.” (QS. Al Mu’minun: 9)

Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An Nisa: 103).

Adapun hadits Rasulullah SAW yang menerangkan tentang sholat tepat waktu:

Dari Ummu Farwah, Ia berkata, “Rosulullah SAW pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdol. Beliaupun menjawab, “Sholat diawal waktunya.” (H.R. Abu Daud)

Sebenarnya ada banyak manfaat sholat tepat waktu, namun berikut hanya beberapa saja yang dapat palui jelaskan dari manfaat sholat tepat waktu, sisanya kita dapat merasakannya sendiri ketika kita istiqomah mengerjakan sholat tepat waktu.

Manfaat Sholat Tepat Waktu

Berikut manfaat sholat tepat waktu, yakni:

1. Disiplin

Manfaat sholat tepat waktu yang pertama adalah disiplin, orang yang sering melakukan sholat tepat waktu maka akan menjadikan dirinya disiplin, sebab karena terbiasa melakukan segala hal yang bernilai ibadah dengan tepat waktu. Dapat kita rasakan jika kita melakukan sholat tepat waktu, yakni sebagai contoh dalam bekerja maka kita akan menjadi disiplin dalam bekerja.

2. Memperioritaskan Allah SWT

Manfaat sholat tepat waktu berikutnya adalah memperioritaskan Allah SWT, sehingga dengan sholat yang dilakukan dengan tepat waktu dan tidak menunda-nunda jika waktu sholat sudah sampai maka Allah lah yang akan menjadi perioritas utama kita, jika kita sering menunda waktu sholat hanya karena alas an duniawi (bekerja) maka sama halnya dengan kita menomor duakan Allah SWT. Dengan kata lain, bagaimana kita dapat hidup bahagia jika Allah SWT saja kita nomorduakan.

3. Pandai mengatur

Manfaat sholat tepat waktu selanjutnya adalah pandai mengatur waktu. Dengan melaksanakan sholat tepat waktu tentunya kita dapat memanajemen waktu kita juga secara tepat, dalam artian kita dapat mengatur waktu seperti halnya dalam kegiatan sehingga tidak mengganggu waktu sholat nantinya jika telah sampai waktunya. Dalam artian sebagai contoh ketika dalam pekerjaan kita mengadakan rapat sehingga kita dapat mengatur waktu rapat, misalnya rapat kita laksanakan jam 1.30 (setelah dzuhur) hingga jam 15.00 kemudian disambung lagi jam 16.00 (setelah ashar) hingga jam 17.45, sehingga kita tidak tertingga waktu sholat.

4. Menggugurkan dosa

Yang paling utama dari manfaat sholat tepat waktu adalah dapat menggugurkan dosa. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya seorang hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya” (HR. Ahmad).

 

Keutamaan Sholat Tepat Waktu

Selain manfaat sholat tepat waktu, adapula keutamaannya. Berikut keutamaan sholat tepat waktu, yakni:

  • Dicintai Allah SWT
  • Memiliki badan yang sehat
  • Dijaga oleh para malaikat
  • Mendapatkan keberkahan dalam hidupnya dan keluarganya
  • Memiliki pancaran cahaya pada wajahnya yang menunjukkan tanda-tanda orang sholeh
  • Memiliki hati yang lembut
  • Dapat melalui jembatan shiratal mustaqim secepat kilat
  • Dihindari dan diselamatkan dari siksa neraka
  • Ditempatkan kedalam golongan orang-orang yang beriman

 

Cara Agar Dapat Melakukan Sholat Tepat Waktu

Adapun cara agar kita dapat melakukan sholat tepat waktu sehingga kita mendapatkan manfaat sholat tepat waktu seperti yang diatas, berikut caranya:

1. Niat

Langkah awal jika kita ingin dan dapat melaksanakan sholat tepat waktu ialah dengan niat. Jangan lupa dengan niat yang kuat yang memang benar berkeinginan dapat melaksanakan sholat tepat waktu.

2. Menggunakan alarm

manfaat sholat tepat waktu

peneladan com

Dengan menggunakan alarm kita dapat mengetahui waktu sholat, apalagi jika rumah kita jauh dari pendengaran suara azan baik itu dimesjid ataupun dimushola, sehingga dengan menggunakan alarm waktu sholat kita dapat mengetahui dan segera melaksanakan sholat agar sholat kita dilaksanakan tepat waktunya.

3. Berdoa

manfaat sholat tepat waktu

cdns klimg com

Jangan lupa berdo’a untuk memohon pertolongan, bimbingan serta perlindungan kepada Allah SWT, karena ada banyak rintangan dalam melakukan hal kebaikan seperti sholat tepat waktu seperti contohnya malas dan lainnya.

4. Zikir

manfaat sholat tepat waktu

cdns klimg com

Berdoa juga diiringi dengan zikir, karena zikir juga penting, sebab dengan mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat menghindari sifat-sifat malas serta lalai dan suka menunda-nunda, sebab sifat itu identic dengan goda’aan syetan.

5. Membuat jadwal sholat

Jangan lupa untuk membuat jadwal sholat, sehingga dengan dengan jadwal ini kita dapat melaksanakan sholat tepat pada waktunya.

6. Mengingat hari akhir

Dengan mengingat hari akhir maka kita akan terdorong untuk berbuat kebaikan seperti halnya sholat tepat waktu, sebab dengan mengingat hari akhir kita akan tahu bahwa setiap makhluk Allah yang hidup pasti akan mati, dan setiap makhluk allah akan mendapatkan balasan yang sesuai dengan amal perbuatannya.

7. Berteman dengan orang sholeh

Yang mungkin terbilang mudah dilakukan namun sedikit sulit untuk dikerjakan yakni berteman dengan orang sholeh, sebab di zaman sekarang ini sudah banyak orang-orang yang bisa dibilang lalai dan lainnya yang memperioritaskan kenikmatan dunia. Oleh karena itu cari teman dan bertemanlah dengan orang yang sholeh karena berteman dengan orang-orang sholeh akan mendatangkan kebaikan, sebab mereka kan selalu mengingatkan kita akan hal-hal baik seperti sholat tepat waktu.

8. Menjaga wudhu

manfaat sholat tepat waktu

voa islam com

Cara yang tidak kalah pentingnya dalam melaksanakan sholat tepat waktu adalah dengan menjaga wudhu, dengan menjaga wudhu kita akan dengan mudah melaksanakan sholat tepat pada waktunya.

 

Semoga dengan menjaga waktu sholat agar kita dapat mengerjakan sholat tepat pada waktunya, kita mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat nanti.

Nah, Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai sholat tepat waktu dan keutamaannya, semoga bermanfaat bagi sahabat palui sekalian. mohon maaf apabila ada kesalahan. mohon keritik dan sarannya.

Leave a Reply