[LUAR BIASA] Inilah Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan – Jengkol adalah makanan yang banyak tidak disukai, karena baunya yang tidaklah sedap ketika dimakan. Akan tetapi ada banyak pula orang yang memakan atau mengkonsumsi jengkol karena rasanya yang nikmat.

Jengkol juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan beberapa penjelasan tentang manfaat jengkol untuk kesehatan.

manfaat jengkol untuk kesehatan

radarutara id

Inilah Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

Jengkol merupakan makanan yang khas akan aroma yang sangat tajam. Meskipun begitu jengkol juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi. Berikut manfaat jengkol untuk kesehatan yang jarang diketahui.

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan

manfaat jengkol untuk kesehatan

nusantaranews com

Ada terdapat banyak sekali manfaat jengkol untuk kesehatan, yakni sebagai berikut:

1.  Pembentukan Jaringan Tubuh

Karena dengan adanya kandungan protein yang tinggi yang ada pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. Dibanding dengan kacang hijau dan kacang kedelai, ternyata kandungan protein yang ada pada jengkol lebih banyak.

2.  Mencegah Anemia

Jengkol merupakan makanan yang kaya akan zat besi dimana zat besi ini sangat berperan penting dalam mencegah dan mengatasi anemia tau kurangnya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.

3.  Memperkuat Tulang dan Gigi

Untuk mengatasi atau mencegah tulang keropos alangkah baik juga kita mengkonsumsi jengkol, karena terdapat pula kandungan kalium dan fosfor yang ada pada jengkol. Sehingga zat kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tulang. Jika kita sering mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang cukup maka akan dapat membuat tulang kita menjadi lebih kuat.

4.  Membasmi Radikal Bebas

Dengan adanya kandungan jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan Vitamin C. vitamin a sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat pula meningkatkan ketajaman penglihatan. Adapun vitamin A dan vitamin C sangat berperan penting sebagai zat antioksidan yang dikenal ampuh dalam menangkal zat-zat radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker.

5.  Mengatasi Penyakit Jantung

Jengkol merupakan jenis makanan yang memiliki bahan bersifat diuretic dapat menjadikan pembuangan urine menjadi lancer yang sangat baik bagi para penderita jantung.

6.  Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi jengkol juga baik untuk menjaga kesehatan jantung karena di dalam jengkol terdapat kandungan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh, begitupun dengan kesehatan jantung.

7.  Mengatasi Masalah Penyempitan Pembuluh Darah

Pagi para penderita jantung akan mengalami penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan darah yang mengalir menuju jantung tidak lancar. dengan adanya kandungan mineral yang ada pada jengkol ternyata dapat mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah tersebut dengan melebarkan pembuluh darah yang menyempit. Dalam hal ini sebaiknya jengkol yang dikonsumsi yang dimasak tidak terlalu matang agar khasiat jengkol menjadi optimal.

8.  Merampingkan Perut

Perut buncit disebabkan karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur. Dengan adanya kandungan serat yang tinggi maka mengkonsumsi jengkol juga dapat melancarkan BAB sehingga secara langsung dapat membantu merampingkan perut yang buncit dan menjadikan perut langsing.

9.  Mencegah Diabetes

Jengkol juga dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes, karena jengkol memiliki kandungan zat yang tidak terdapat atau tidak ditemukan pada makanan-makanan lain. Zat tersebut yakni zat asam jengkolat yang berupa Kristal yang tidak larut di dalam air. Namun dalam hal ini mengkonsumsi jengkol tidak dianjurkan oleh penderita gangguan ginjal, karena dikhawatirkan ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat yang mengakibatkan sulit berhentinya buang air kecil.

10. Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Ketika hamil biasanya seorang ibu sering mengalami sembelit, dengan mengkonsumsi jengkol maka ibu akan dapat mengatasi sembelit tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada pada jengkol yang berfungsi dapat membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar.

11. ertumbuhan Tulang Dan Janin

Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan dengan optimal karena kandungan kalium dan fosfor, dan jengkol memiliki kandungan zat tersebut sehingga sangat bermanfaat pula untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan ibu.

12. Menstabilkan Organ-Organ Penting Dalam Tubuh

Jika ingin menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh mengkonsumsi jengkol juga sangat bagus karena jengkol memiliki kandungan asam folat dan vitamin B6.

13. Mencegah Kecacatan Pada Bayi

Karena jengkol memiliki kandungan zat asam folat maka jengkol juga dapat mencegah kecacatan bawaan pada bayi.

14. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jengkol juga memiliki manfaat dalam mengontrol kadar gula darah, dikarenakan jengkol memiliki kandungan zat gula yang bersahabat. Zat gula yang ada pada jengkol merupakan zat gula yang dapat dengan mudah larut dan diurai sehingga baik dan aman pula dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

manfaat jengkol untuk kesehatan

sumber com

Catatan:

mengkonsumsi jengkol harus dengan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan karena jika mengkonsumsi jengkol secara berlebihan akan sangat kurang baik bagi organ ginjal dan lainnya. Nah untuk itu kita simak pula efek samping dari mengkonsumsi jengkol secara berlebihan. Berikut efek samping yang disebabkan oleh jengkol jika dikonsumsi:

Efek Samping Mengkonsumsi Jengkol

  • Hal yang paling utama dalam mengkonsumsi jengkol adalah bau mulut, karena bau tersebut disebabkan adanya kandungan asam amino serta sulfur di dalam jengkol, yang mana ketika asam amino tersebut mengalami perpecahan dalam bentuk kecil ketika dimakan sehingga menyebabkan bau yang menyengat dan tidak enak pada mulut. Ditambah lagi dengan adanya kandungan sulfur di dalam jengkol yang membuatnya menjadi gas sehingga bau tersebut menyebar kemana saja mengikuti arah udaranya. Tidak hanya pada mulut saja yang bau ketika kencing pun juga akan timbul bau dan lainnya.
  • Tidak hanya baunya saja, jengkol juga dapat mengganggu kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih yang menimbulkan terjadinya pengkristalan di saluran urin (jengkolan). Hal ini terjadi karena adanya kandungan asam jengkolat yang tinggi yang ada pada jengkol serta sulit larut di air pada pH yang agak asam. Resikonya tergantung pada setiap orang secara genetic dan lingkungan.
  • Jika mengkonsumsi jengkol dengan berlebihan akan dapat menyebabkan efek toksis ke jantung, ginjal, hati dan pancreas
  • Di dalam jengkol terdapat kandungan asam jengkolat yang merupakan sebuah asam aminio yang dapat menimbulkan djenkolis atau keracunan biji jengkol, sehingga biji jengkol memiliki sedikit racun karena adanya kandungan tersebut. Gejala yang timbul ialah terjadinya kejang pada otot, pirai, retensi urin, serta gagal ginjal akut.

 

Cara Mengatasi Bau Jengkol

manfaat jengkol untuk kesehatan

andywlms com

Ada banyak cara untuk mengatasi bau jengkol terutama pada mulut, yakni bisa dengan memakan buah timun, mengunyah beras, meminum kopi hitam dan mengunyah pucuk cengkeh. Akan tetapi dapat pula dengan cara yang praktis yakni dengan sikat gigi serta dengan berkumur-kumur memakai obat kumur.

Bau jengkol sebenarnya juga dapat dikurangi dengan perendaman serta perebusan. Dan bau pada waktu kencing juga dapat diatasi jika pembilasan dilakukan sebelum dan sesudah kencing dengan air yang cukup.

 

Kandungan Gizi Pada Jengkol

manfaat jengkol untuk kesehatan

intisari grid id

Adapun kandungan gizi yang ada pada jengkol, yakni sebagai berikut:

  • Kaya akan karbohidrat
  • Kaya akan energi
  • Kaya akan protein
  • Kaya akan zat besi
  • Kaya akan kalsium
  • Kaya akan kandungan fosfor
  • Kaya akan kandungan vitamin

 

Nah, Itulah tadi beberapa penjelasan tentang manfaat jengkol bagi kesehatan serta efek sampingnya. semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian. Terimakasih.

Leave a Reply