Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil Yang Harus Diketahui

Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil – Ketika memasuki masa-masa kehamilan, para wanita yang sedang hamil tentunya memiliki banyak pantangan yang membuatnya sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang ingin dikonsumsi. begitu banyak makanan dan buah-buahan yang bermanfaat untuk dikonsumsi, salah satunya ialah manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Nah, Pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan tentang manfaat buah pir untuk ibu hamil, yang mana buah pir ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu yang telah hamil.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

tribunnews.com

Berbagai Macam Manfaat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

Buah pir merupakan jenis buah-buahan yang memiliki banyak manfaat sehingga baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, terutama bagi ibu hamil. Di dalam satu buah pir terdapat berbagai jenis kandungan nutrisi yang memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan perkembangan janin.

Untuk itu, penuhilah kebutuhan nutrisi ibu dan bayi yang ada dalam kandungan agar terus terjaga kesehatannya, yang terpenting adalah bagi seorang ibu yang hamil untuk rajin dalam mengkonsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan nutrisi. Seperti nutrisi yang terkandung didalam buah pir. berbagai macam khasiat serta manfaat buah pir untuk ibu hamil, yakni sebagai berikut:

Khasiat Dan Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Pir

Berikut khasiat dari nutrisi yang terkandung dalam buah pir bagi seorang ibu yang telah hamil yang sekaligus bermanfaat untuk pertumbuhan perkembangan janin, terdapat khasiat serta manfaat buah pir untuk ibu hamil, yakni sebagai berikut:

manfaat buah pir untuk ibu hamil

ulyadays.com

Khasiat Buah Pir Untuk Ibu Hamil

1.  Buah Pir Kaya Akan Asam Folat

Dianjurkan bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada tubuhnya, karena asam folat sangatlah berguna untuk ibu hamil. Di dalam kandungan 1 buah pir terdapat sekitar 12 mikrogram asam folat, yang mana asam folat bermanfaat untuk mencegah gangguan syaraf agar dapat menghindari resiko bayi lahir cacat.

Sehingga sangat dianjurkan bagi ibu yang hamil untuk memperbanyak makanan atau buah buahan yang mengandung asal folat, yakni seperti buah pir.

2.  Buah Pir Mengandung Banyak Vitamin C

Di dalam buah pir memiliki banyak kandungan yang kaya akan vitamin C. satu buah pir mengandung 7 miligram vitamin C yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin C bagi seorang ibu yang hamil. Hal ini dikarenakan vitamin C dapat membantu untuk menangkal berbagai kuman serta infeksi yang disebabkan oleh penyakit. Sehingga dalam hal ini haruslah diperhatikan oleh ibu yang telah hamil.

3.  Buah Pir Mengandung Banyak Serat

Dalam satu buah pir banyak memiliki kandungan serat, yakni sebanyak 4,5 gram serta 1,8 gram pectin yang merupakan serat yang mudah larut yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga buah pir ini dengan memiliki banyak kandungan serat dapat membantu untuk memperlancar sistem pencernaan bagi ibu hamil, karena saat hamil tentunya hal yang paling umum yang dialami oleh ibu hamil ialah masalah sembelit. Oleh karena itu sangat dianjurkan bagi seorang ibu hamil untuk mengkonsumsi buah pir yang dikonsumsi bersama kulitnya.

4.  Buah Pir Mengandung Kadar Kalori Yang Rendah

Di dalam satu buah pir terdapat kandungan kalori sebanyak 100 kalori yang dapat membuat seorang ibu hamil tidak mengalami kelebihan berat badan. Meskipun kandungan buah pir ini tergolong sedikit, akan tetapi buah ini mampu membuat seseorang menjadi lebih mudah kenyang yang dikarenakan kandungan seratnya. Serta buah pir juga memiliki kandungan karbohidrat yakni fruktosa dan glokosa yang mudah dicerna yang mana tentunya dapat membuat ibu yang sedang hamil lebih berenergi.

5.  Buah Pir Mengandung Antioksidan

Di dalam buah pir terdapat kandungan antioksidan yang kuat sehingga berfungsi untuk dapat menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi ibu hamil beserta janin yang ada didalam kandungannya. Selain itu buah pir juga berfungsi untuk menghancurkan berbagai sel jahat yang dapat memicu timbulnya kanker di dalam tubuh.

 

Bagi ibu hamil mengkonsumsi buah pir memang sudah telah dijelaskan oleh Rasulullah Saw dalam sebuah Haditsnya, yang menjelaskan manfaat buah pir untuk ibu hamil, yakni:

“Makanlah buah pir karena buah itu dapat membuat terang penglihatan dan menumbuhkan rasa cinta di hati. Dan berikanlah buah ini kepada ibu yang sedang mengandung karena dapat mempercantik anak kalian.”

manfaat buah pir untuk ibu hamil

erabaru.net

Selain itu, bukan hanya buah pir saja yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ada berbagai macam buah lain yang juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah tersebut seperti: Kurma, Apel, Delima, Kelapa dan Lainnya.

Berikut akan dijelaskan sedikit mengenai manfaat buah kurma, apel, delima bagi ibu hamil.

Manfaat Buah Kurma Untuk Ibu Hamil

Buah kurma memiliki kandungan yang kaya akan karbohidrat, kalium dan kalsium yang merupakan nutrisi yang sangat penting untuk ibu yang sedang hamil. Kalium merupakan mineral yang penting yang bermanfaat untuk kontraksi otot serta dapat mengatur tekanan darah dalam tubuh. Dan kalsium bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

dinkes.bogorkab.go.id

Selain itu, buah kurma juga bermanfaat untuk mempermudah proses persalinan, dikarenakan di dalam buah kurma terdapat kandungan hormon oktosin yang sangat membantu untuk merangsang kontraksi otot pada rahim, dan hormon ini dapat memacu kelenjar susu untuk memproduksi ASI.

Dan kurma juga bermanfaat untuk mengurangi pendarahan setelah melahirkan, dikarenakan selain hormon oktosin, kurma juga terdapat hormon potuchin yang berfungsi untuk mengikat rahim dan otot rahim.

Bagi ibu hamil mengkonsumsi buah kurma sangat dianjurkan karena telah disampaikan dalam ayat Al Qur’an dan Hadits.

Firman Allah Swt:

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Allah Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini’.” (Q.S. Maryam : 25 – 26).

Sabda Nabi Saw:

“Berikanlah buah kurma kepada istri kalian di bulan ke sembilan kehamilannya karena hal itu dapat membuat anak yang ia lahirkan menjadi orang yang berhati lembut dan bersih.”

manfaat buah pir untuk ibu hamil

bukalapak.com

 

Manfaat Buah Apel Untuk Ibu Hamil

Ada banyak manfaat buah apel bagi ibu yang sedang hamil, berikut manfaatnya:

manfaat buah pir untuk ibu hamil

areabumil.com

  • Buah apel kaya akan antioksidan (flavonoid dan polyphenolic) yang bermanfaat untuk membasmi racun dan zat-zat berbahaya yang ada dalam tubuh. Sehingga dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan terutama bagi ibu hamil.
  • Buah apel dapat mengatasi sembelit karena serat yang terkandung dalam buah apel bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pencernaan.
  • Buah apel dapat memperkecil tekanan darah tinggi
  • Buah apel dapat membantu untuk mengurangi keluhan kaki bengkak serta anggota tubuh lainnya yang sering terjadi pembengkakan pada ibu hamil.
  • Buah apel dapat meningkatkan nafsu makan.
  • Buah apel dapat mencegah kerusakan DNA
  • Buah apel dapat membantu proses perkembangan janin yang sehat
  • Buah apel dapat membantu untuk mengatasi nyeri ketika saat kehamilan.
  • Buah apel dapat membantu mengatasi mual ketika masa kehamilan
  • Buah apel dapat membantu menjaga kesehatan hati, karena organ hati merupakan salah satu bagian organ tubuh yang patut untuk dijaga dalam masa kehamilan.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa:

Rasulullah SAW bersabda, ”Makanlah buah safarjal (sejenis apel) dan berilah kepada temanmu sebagai hadiah, karena buah itu dapat mempertajam sinar mata dan menumbuhkan rasa cinta kasih pada hati. Suruhlah wanita hamil memakan buah itu, karena ia akan membuat cantik rupa anak yang akan dilahirkan.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

bukalapak.com

 

Manfaat Buah Delima Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah delima untuk ibu hamil sangatlah banyak dan penting untuk diketahui serta diterapkan karena di dalam buah delima memiliki banyak kandungan yang bermanfaat seperti flavonoid (antosianin), asam sitrat, asam folik, asam folat, gula buah, vitamin C, B6, A dan E serta beberapa kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, besi dan lainnya.

manfaat buah pir untuk ibu hamil

reherb.eu

Berikut manfaat dari mengkonsumsi buah delima untuk ibu hamil:

  • Buah delima bermanfaat baik bagi ibu hamil untuk perkembangan otak janin.
  • Buah delima dapat memberikan sistem imun bagi ibu dan bayi dikarenakan terdapatnya kandungan vitamin C di dalamnya.
  • Dapat membatu dalam pembentukan tulang dan gigi pada bayi
  • Dapat menghindari dehidrasi karena buah delima memiliki kandungan natrium dan kalium yang berfungsi sebagai penyeimbang zat asam dan basa di dalam sel jaringan tubuh sehingga tidak akan mudah mengalami dehidrasi bagi ibu hamil.
  • Buah delima dapat membantu mengurangi pendarahan ketika saat proses melahirkan.
  • Buah delima dapat mencegah kaki kram
  • Buah delima dapat membantu proses penyembuhan luka ketika proses melahirkan.

 

manfaat buah pir untuk ibu hamil

mediskus.com

Itulah tadi penjelasan tentang manfaat buah pir untuk ibu hamil serta buah lainnya yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca dan dapat diterapkan oleh ibu hamil guna untuk menjaga kesehatan ketika hamil serta pertumbuhan perkembangan janin.

Leave a Reply