Inilah Macam-macam Buah Kurma Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Macam-macam Buah Kurma – Di Indonesia buah kurma merupakan salah satu makanan yang khas ketika memasuki bulan ramadhan. Karena buah kurma merupakan salah satu pilihan terfavorit bagi orang muslim yang sedang berpuasa yang disuguhkan ketika berbuka. Nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan mengenai macam-macam buah kurma.

macam-macam buah kurma

meteolapa.lv

Macam-macam Buah Kurma Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kurma merupakan salah satu makanan yang banyak memiliki khasiat dan manfaat. Kurma yang berasal dari Mekkah dan Madinah merupakan kurma yang paling terkenal sampai saat ini. Ada banyak macam-macam kurma yang ada disana.

Macam-Macam Buah Kurma

Buah kurma memiliki banyak macamnya, diataranya yakni sebagai berikut:

1.  Kurma Ajwah

Kurma ajwah merupakan jenis kurma yang memiliki predikat tertinggi yang dilihat dari segi harga serta merupakan jenis kurma terbaik dari berbagai macam macam buah kurma. Kurma jenis ini kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma ajwah memiliki ukuran bentuk yang lebih kecil dari kurma yang lain dengan memiliki warna yang tentunya lebih hitam.

Khasiat Kurma Ajwah

Kurma ajwah merupakan kurma favorit Nabi Muhammad Saw. Adapun manfaat dan khasiat memakan buah kurma nahwa yakni dengan memakan tujuh kurma tersebut di setiap paginya dapat menangkal racun dan sihir. Hal ini telah dijelaskan berdasarkan hadits Rasulullah Saw:

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun ataupun sihir” (HR. Bukhari dan Muslim)

2.  Kurma Deglet Noor

Kurma deglet noor merupakan varietas unggul yang sangat popular di Libya, Tunisia, Algeria, dan Amerika. Kurma jenis ini memiliki warna kuning keemasan. Sesuai dengan warnanya kurma ini memiliki arti cahaya karena warna buah tersebut yang menyerupai warna sinar matahari.

Bagi anda yang tidak terlalu suka dengan buah yang manis, buah kurma ini cocok untuk anda karena kurma jenis ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis serta dagingnya juga tidak terlalu keras.

3.  Kurma Amer Hajj

Kurma amer hajj merupakan varietas kurma yang terkenal di irak. Kurma jenis ini sering disebut dan dikenal dengan “welcome kurma” atau “the visitor’s date” yang artinya kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu. Karena masyarakat irak pada umumnya menyajikan buah kurma ini sebagai kudapan bagi tamu yang datang kerumah. Kurma jenis ini memiliki dagi yang tebal serta memiliki tekstur yang lembut dengan kulit tipis.

4.  Kurma Halawi

Kurma halawi dalam bahasa arab disebut juga sebagai kurma holwah yang memiliki arti manis, karena kurma jenis ini memiliki rasa yang sangat manis dibanding dengan jenis kurma yang lain. Jika anda suka dengan buah kurma yang sangat manis, maka jenis kurma ini sangatlah cocok untuk anda.

5.  Kurma Mozafati

Sesuai dengan namanya jenis kurma ini banyak dikembangkan di daerah mozafati. Kurma ini merupakan kurma yang memiliki waktu masa simpan yang lama hingga dapat disimpan dalam waktu 2 tahun apabila disimpan dengan suhu minus 5 derajat celsius.

Kurma mozafati memiliki warna yang gelap dengan tekstur daging yang lembut serta berukuran sedang dan memiliki cita rasa yang manis. Sebagian besar kurma mozafati tumbuh di provinsi Kerman dan Iran.Biasanya masyarakat mengkonsumsi kurma ini ketika masih segar.

6.  Kurma Khidri

Jenis kurma yang satu ini merupakan kurma yang paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan sebagainya. Karena kurma khidri memiliki cita rasa yang tidak begitu manis sehingga sangat cocok apabila mengkonsumsinya dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa seperti coklat dan lainnya. Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dengan tekstur kurma yang kering dan kenyal.

7.  Kurma Thoory

Kurma thoory biasa disebut juga dengan kurma thuri yang merupakan jenis kurma yang sangat popular di aljajzair. Di Indonesia pun kurma jenis ini juga cukup banyak ditemui karena kurma jenis ini memiliki masa waktu yang dapat bertahan lama untuk disimpan.

Kurma thoory memiliki warna agak sedikit cokelat kemerahan dengan kulit yang cenderung kering dan keriput, saking keringnya kulit kurma ini cenderung keras dan susah dimakan, akan tetapi kurma jenis ini memiliki cita rasa yang manis dan hampir mirip dengan kacang.

8.  Kurma Sakkeri

Kurma sakkeri memiliki warna cokelat gelap dengan daging buah yang lembut dan memiliki cita rasa manis yang khas serta memiliki bentuk yang hampir bulat. Karena rasanya yang khas dan istimewa, tak heran jika harga buah kurma jenis ini lebih mahal dibanding dengan jenis kurma lainnya.

9.  Kurma Zaghloul

Kurma Zaghloul banyak ditemukan di Mesir. Kurma jenis ini memiliki warna merah tua serta berbentuk panjang yang menyerupai melinjo, dan biasanya kurma jenis ini disajikan sangat kering untuk disantap karena kurma zaghloul mengandung gula yang sangat tinggi. Kurma jenis ini termasuk varietas kurma yang eksklusif serta memiliki harga yang cukup mahal di mesir.

10. Kurma Khalasah

Kurma khalasah banyak tumbuh di huffuf dan qatif di daerah bagian timur arab Saudi. Karena kurma jenis ini memiliki tingkat kemanisan yang tidak terlalu tinggi sehingga banyak disukai dan menjadikannya varietas yang popular di arab Saudi.

11. Kurma Sekki

Kurma sekki memiliki warna yang unik, yakni terdapat warna kekuningan pada bagian atasnya serta warna kecokelatan pada bagian bawahnya. Kurma jenis ini juga memiliki tekstur daging yang lebih keras pada bagian daging yang berwarna kekuningan dan lebih empuk dan kenyal pada bagian daging yang berwarna kecokelatan. Serta kurma jenis ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu manis.

12. Kurma Umelkhashab

Kurma jenis ini merupakan kurma yang berasal dari Saudi Arabia dengan kombinasi cita rasa yang manis dan sedikit pahit, dan memiliki warna yang sedikit kemerahan.

 

Setelah mengetahui berbagai macam-macam buah kurma, mari kita ketahui pula apa saja nutrisi yang terkandung di dalam buah kurma.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

macam-macam buah kurma

hidupmulia.net

Bukan hanya karena rasanya yang manis, namun ada faktor lain yang menyebabkan kurma lebih digemari, yakni karena ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma, kandungan nutrisi tersebut yakni sebagai berikut:

  • Zat gizi yang terdiri dari air, energi, protein, karbohidrat, serat, gula, lemak, lemak jenuh, MUFA, PUFA, dan kolesterol.
  • Mineral yang terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng.
  • Vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau niasin, vitamin B5 atau asam pantotenat, vitamin B6 atau piridoxin, vitamin B9 atau folat, vitamin B12, vitamin c, vitamin E, dan vitamin K.
  • Filonutrisi yang terdiri dari beta karoten. Beta kriptoxantin, lutein dan zeaxantin, serta likopen.

 

Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

macam-macam buah kurma

abulyatama.ac.id

Dari berbagai macam-macam buah kurma dengan kandungan yang terkandung di dalamnya, maka ada banyak sekali khasiat serta manfaat dari mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan, yakni antara lain sebagai berikut:

Manfaat buah kurma yang lebih utama ialah seperti yang dijelaskan dalam sebuah hadits Rasulullah Saw:

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun ataupun sihir” (HR. Bukhari dan Muslim)

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

  • Dapat menjaga kesehatan tulang
  • Dapat melancarkan buang air kecil
  • Dapat mengatasi gangguan usus
  • Dapat mengatasi anemia
  • Dapat mengatasi alergi
  • Dapat menaikkan berat badan
  • Dapat menjaga kesehatan sistem syaraf
  • Dapat menambah stamina
  • Dapat menjaga kesehatan jantung
  • Dapat baik untuk kesehatan mata
  • Dapat mengobati radang (radang tenggorokan dan lainnya)
  • Dapat mengatasi mabuk dan mengatasi pusing yang dikarenakan mabuk
  • Dapat mengobati diare
  • Dapat mencegah kanker
  • Dapat menaikan trombosit darah dan mencegah penggumpalan darah
  • Dapat membantu proses pemulihan penyakit demam berdarah
  • Dapat menghindari rematik
  • Dapat menjadi sumber energy
  • Dapat meningkatkan daya ingat serta kerja otak
  • Dapat mencegah terjadinya dehidrasi
  • Dapat mengatasi kelemahan seksual.
  • Dapat mencegah terjadinya insomnia.
  • Memperkuat system pertahanan dan kekebalan tubuh

Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Adapun khasiat buah kurma yang perlu dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, yakni sebagai berikut.

  • Dapat melancarkan ASI
  • Dapat menambah kekuatan saat proses persalinan berlangsung
  • Dapat memperlancar proses persalinan
  • Dapat memulihkan tenaga setelah melahirkan
  • Dapat membantu penbentukan tulang dan gigi pada perkembangan janin.
  • Dapat mendukung tumbuh kembang ibu dan janin
macam-macam buah kurma

bukalapak.com

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai macam-macam buah kurma serta manfaat yang terkandung di dalamnya, semoga bermanfaat bagi para sahabat sekalian.

Leave a Reply