Langkah-langkah Menulis Cerpen Dengan Ciri-ciri, Fungsi Dan Contohnya

Langkah-langkah Menulis Cerpen – Cerpen merupakan cerita pendek yang memang seru untuk di baca dengan hanya sekali duduk dan dalam waktu yang singkat. Nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan apa saja langkah-langkah dalam menulis sebuah cerpen.

langkah-langkah menulis cerpen

infoana com

Berikut Langkah-langkah Menulis Cerpen Beserta Contohnya

Sebelum ke langkah-langkah menulis cerpen, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dan ciri-ciri serta fungsi dari sebuah cerpen.

Pengertian Cerpen

Cerpen merupakan suatu karya sastra yang membahas tentang kisah dengan seluk beluknya serta merupakan suatu karangan yang bersifat fiktif dan memiliki isi tentang kehidupan seseorang yang diceritakan dalam tulisan yang singkat, ringkas dan fokus terhadap salah satu tokoh saja.

Ciri-ciri Cerpen

  • Jumlah kata dalam cerpen kurang dari sepuluh ribu kata
  • Menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dipahami
  • Memiliki satu alur serta pada umumnya menggambarkan satu kejadian saja
  • Pada umumnya cerpen menceritakan suatu kejadian dalam kehidupan sehari-hari
  • Penokohan dalam cerpen haruslah sederhana serta singkat, dan tidak mendalam
  • Tokoh yang digambarkan dalam sebuah cerpen mengalami masalah hingga pada penyelesaiannya
  • Bentuk tulisan atau jalan cerita yang singkat dan lebih pendek dari novel
  • Memiliki kesan dan pesan yang terdapat dalam cerpen

Fungsi Sastra Dalam Cerpen

  • Dapat memberikan rasa senang dan gembira, serta dapat menghibur bagi para penikmat dan pembacanya (Rekreatif)
  • Dapat mengarahkan serta mendidik bagi para pembaca yang dikarenakan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen tersebut (Didaktif)
  • Dapat memberikan keindahan bagi para pembacanya (Estetis)
  • Dapat memberikan pesan moral yang baik dan tidak baik bagi para pembaca (Moralitas)
  • Dapat dijadikan teladan bagi para pembacanya karena dalam cerpen haruslah mengandung ajaran agama (Religius)

Nah, setelah kita mengetahui ciri-ciri dan fungsi dari cerpen mari kita pahami pula langkah-langkah menulis cerpen. Agar kita dapat menulis cerpen dengan benar serta menarik maka tidak salahnya kita mengetahui dan mengikuti langkah-langkah menulis cerpen berikut.

Langkah-langkah Menulis Cerpen

langkah-langkah menulis cerpen

baabun com

Adapun langkah-langkah menulis cerpen yakni sebagai berikut:

1.  Menentukan Tema

Langkah-langkah menulis cerpen yang paling awal adalah menentukan topik atau tema yang sesuai dengan keinginan yang dikehendaki. Ada banyak tema dalam menulis cerpen, contohnya saja seperti tema yang menceritakan tentang percintaan, pendidikan, persahabatan, pergaulan, dan sebagainya.

2.  Menentukan Jenis Cerpen

Langkah-langkah menulis cerpen selanjutnya adalah menentukan jenis cerpen yang hendak kita tulis untuk menyesuaikan tema yang nantinya memudahkan kita untuk membuat alur dari cerpen tersebut. Ada banyak pula jenis cerpen, yakni seperti cerpen horor, religi, romantis, komedi, dan lain sebagainya.

Misalnya saja kita ingin membuat cerpen dengan jenis komedi maka cerpen yang kita buat haruslah terkesan lucu dan bersifat humor. Buatlah cerpen yang memiliki kesan yang menarik agar dapat memikat target dan hati pembaca, baik itu untuk anak-anak, remaja, dewasa dan segala umur. Namun bedakan pula cerpen khusus untuk anak-anak, remaja, dewasa dan segala umur tersebut.

3.  Membuat Alur Cerita

Setelah kita dapat menentukan tema serta jenis cerpen yang sesuai dengan apa yang kita kehendaki langkah-langkah menulis cerpen selanjutnya adalah membuat alur cerita dari tema tersebut. Ada 3 jenis alur cerita, yakni:

  1. Alur maju yang merupakan sebuah alur cerita yang ditulis dari segi waktunya yakni dari awal cerita sampai akhir cerita.
  2. Alur mundur yang merupakan sebuah alur cerita yang mana biasanya dalam cerita tersebut si tokoh mengingatkan kembali kejadian pada masa lalu.
  3. Alur maju mundur yang merupakan sebuah alur cerita yang maju akan tetapi ada bagian dari tokoh yang mengingatkan suatu kejadian di masa lalu.

Adapun tahapan-tahapan yang dimiliki dari ketiga alur tersebut, yang mana tahapan ini haruslah benar-benar diperhatikan sehingga alur cerita tersebut menjadi menarik. Tahapan tersebut  yakni sebagai berikut:

  • Perkenalan
  • Penanjakan
  • Klimaks
  • Akhir Klimaks
  • Penyelesaian

4.  Menentukan Tokoh dan Penokohan

Langkah-langkah menulis cerpen selanjutnya yakni menentukan tokoh dalam cerita. Serta tidak lupa untuk mendiskripsikan atau menggambarkan karakter dari tokoh-tokoh dalam cerita tersebut. Menentukan tokoh meliputi tokoh utama dan tokoh sampingan yang mana tokoh tersebut sesuai dengan tema dan jenis cerpen.

5.  Menentukan Tempat dan Waktu

Agar dapat memberikan gambaran pada cerita sehingga seperti lebih nyata bagi pembaca, kita dapat menentukan dan memasukkan tempat dan waktu pada cerita tersebut. Misalnya seperti di sebuah perkotaan dengan keramaian yang terlihat ketika malam hari.

6.  Menulis Cerpen

Langkah-langkah menulis cerpen selanjutnya ialah ketika kita sudah menentukan tema, menentukan jenisnya, membuat alur cerita serta menentukan tokoh dan penokohannya maka kita dapat memulai menulisnya. Dalam menulis cerpen hendaknya menggunakan gaya bahasa yang menarik dengan menggunakan majas sehingga gaya bahasa dalam cerpen tersebut akan lebih indah dan bisa dinikmati oleh pembaca.

Tambahan dalam menulis cerpen haruslah memiliki amanat atau pesan yang tersirat dari sebuah cerpen tersebut, dalam artian ada sebuah pesan yang ingin di sampaikan oleh seorang pengarang melalui tulisannya kepada si pembaca. Karena pesan merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah karya (cerpen).

7.  Membuat Judul Cerpen

Nah, setelah selesai menulis cerpen tersebut langkah-langkah menulis cerpen yang terakhir adalah membuat judul dari cerpen tersebut.  Membuat judul haruslah pula yang menarik yang sesuai dengan isi cerpen yang ditulis serta buatlah judul tersebut yang dapat membuat calon si pembaca merasa penasaran dan ingin membaca cerpen tersebut.

Contoh Cerpen Romantis

langkah-langkah menulis cerpen

pexels com

Pada kali ini saya juga akan mencoba memberikan contoh sebuah cerpen yang mana cerpen ini memiliki tema tentang percintaan dengan jenis cerpen komedi dan romantis. Yuk baca….

Tema Cerpen : Mendapatkan Cinta Si Gadis Cantik

Judul Cerpen : Perjalanan Cinta Palui

Pada suatu hari di sebuah pegunungan yang sangatlah sejuk yang mana di gunung tersebut terdapat seorang gadis yang sangat cantik. Palui yang mendengar kabar tersebut ingin sekali melihat dan menemui gadis tersebut, maka ia bergegas untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, seperti panci, wajan, kompor gas meskipun pada zaman itu belum ada kompor gas, serta tidak lupa memakai sandal gunung yaitu sandal jepit.

Tidak lupa palui sebelum berangkat kepegungan tersebut, ia pun melaksanakan sholat tahajjud dan istikhorah agar dapat memantapkan pilihannya untuk berangkat menuju pegunungan tersebut dan dapat menemui sang gadis.

Pada pagi harinya sekitar jam 3.00 Setelah melaksanakan sholat tahajjud dan istikhorah, Palui mulai berangkat menuju pegunungan tersebut. Di pegunungan tersebut terlihat sangatlah angker dan menyeramkan, di sana palui menemui berbagai macam hal-hal mistis seperti suara daun jatuh, terinjak ranting pohon, bahkan dijatuhi buah kelapa yang besarnya seperti jempol kaki. Namun semua itu dapat di lalui oleh palui demi menemukan si gadis cantik tersebut.

Sesampainya di tempat lokasi pegunungan yang dimaksud terlihatlah sebuah gubuk dengan atap rumah esbes yang ketika waktu jaman itu tidak ada orang yang membuat atap esbes. Palui pun langsung dengan perlahan menuju gubuk tersebut. Sesampainya di depan pintu gubuk tiba-tiba pintu tersebut terbuka dan terlihatlah seorang gadis yang dengan senyum yang merona menghiasi wajahnya yang menjadikan palui terpesona sehingga paluipun jatuh cinta kepada si gadis tersebut. Dan paluipun bersyukur karena dialah orang pertama yang dapat menemui gadis tersebut dan berhasil mendapatkan cinta si gadis yang cantik itu.

 

Nah, itulah tadi bagaimana cara menulis cerpen dengan langkah-langkah menulis cerpen. Dan mohon maaf apabila contoh cerpen tersebut belum bisa dipahami oleh sahabat pembaca. Namun semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply