Kultum Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Serta Keutamaanya

Kultum Tentang Menuntut Ilmu – Mengingat betapa pentinya pembahasan mengenai ilmu ini maka pada kesempatan ini paluipuntik akan memberika sedikit contoh kultum tentang menuntut ilmu dengan singkat, serta mudah untuk di praktekkan.

pesantrenonline.or.id

Kultum Tentang Kewajiban Menuntut Ilmu Serta Keutamaanya

Kewajiban Dalam Menuntut Ilmu

Dalam islam menuntut ilmu merupakan suatu hal yang wajib. Karena menuntut ilmu dan dengan memiliki ilmu kita akan mendapati banyak hal. Sebagaimana pepatah arab menyebutkan

مَنْ اَرَدَ الّدُ نْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَدَ اْلاَخِرَةِ فَعَلَيْهِ بِالْعِلمِ وَمَنْ اَرَدَ هُمَا مَعًا فَعَلَيهِ بِالْعِلْمِ

Siapa yang ingin dunia (hidup di dunia dengan baik), hendaklah ia berilmu, siapa yang ingin akhirat (hidup di akhirat nanti dengan senang) hendaklah ia berilmu, siapa yang ingin keduanya, hendaklah berilmu

Sebagaimana Nabi SAW bersabda:

طَلَبُ اْلعِلْمَ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ

“Menuntut ilmu adalah wajib atas setiap muslim dan Muslimah.”

Dari hadist ini sangatlah jelas apa yang disampaikan Rasulullah SAW yang memberitahukan bahwasanya menuntut ilmu hukumnya adalah wajib.

Dalam menuntut ilmu pun tidak memiliki batas waktu, sebagaimana dikatakan dalam hadist Nabi SAW:

اُطْلُبُوا العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلى اللَّحْدِ

“Carilah ilmu dari semenjak kamu dalam buaian hingga liang lahat”

Hadist tersebut menjelaskan bahwa dalam kewajiban menuntut ilmu tidaklah memiliki batasan sehingga dalam kehidupan sehari-hari telah memiliki unsur-unsur menuntut ilmu, karena dalam menuntut ilmu menjadikan kita yang belum tahu, faham, mengerti menjadi tahu faham dan mengerti.

Keutamaan Dalam Menuntut Ilmu

1. Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya
Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW:

“jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya terkecuali tiga perkara: Amal jariyahnya, Ilmu yang bermanfaat, dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orangtuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Menjadi saksi terhadap kebenaran
Sebagaimana  dalam  firman  Allah  SWT:

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada tuhan yang disembah melaikan Dia. Yang menegakkan keadilan para malaikat dan orang yang berilmu (Juga menyatakan yang demikian itu).” (QS. Ali Imran: 18)

3. Allah mengangkat derajat orang yang berilmu
Allah SWT berfirman:

Hai orang orang yang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah kamu maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.  Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” ( Q.S Al-Mujaadalah:11)

4. Ilmu adalah anugerah Allah yang sangat besar
Firman Allah SWT:

“Allah menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang al qur’an dan as sunnah) kepada siapa yang dikehendakinya. Dan barang siapa yang dianugerahi hikmah, maka ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakal lah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS. Al Baqarah: 269)

5. Menuntut ilmu merupakan jalan menuju Surga
Rasulullah SAW bersabda:

”Barang  siapa  yang  menempuh  suatu  jalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan  baginya  jalan  menuju  surga.” (HR. Muslim)

6. Tanda kebaikan seorang hamba
Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang Allah kehendaki kebaikan kepada seorang hamba maka ia akan difahamkan tentang agamanya.” HR. Bukhari dan Muslim)

7. Ilmu agama menyelamatkan dari laknat Allah Azza wa Jalla

Dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya dunia itu terlaknat, terlaknat segala isinya, kecuali zikir kepada Allah dan amalan-amalan ketaatan, demikian pula seorang yang alim atau yang belajar.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

8. Ahli ilmu lebih utama dari ahli ibadah

Rasulullah SAW bersabda:

“sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah seperti keutamaan bulan di malam purnama dibanding seluruh bintang-bintang.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

9. Ilmu adalah cahaya

Allah SWT berfirman:

“Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan . Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan Allah mengeluarkan mereka dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS.Al-Maidah:5-6)

 

Inilah kultum tentang menuntut ilmu mengenai kewajiban dalam menuntut ilmu serta keutamaannya dengan beberapa ayat Al Qur’an dan Al Hadist. Semoga dapat memberikan manfaat kepada sahabart-sahabat sekalian. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan.

Leave a Reply