[KREATIF] Inilah Kerajinan Dari Limbah Anorganik

Kerajinan Dari Limbah Anorganik – Kita tahu bahwa limbah anorganik merupakan limbah yang sangat sulit untuk diuraikan bahkan tidak bisa diuraikan sehingga limbah ini juga dapat menimbulkan bau yang menyengat serta juga dapat menjadikan lingkungan yang tidak sehat.

Bahkan jika limbah ini menumpuk juga dan sengaja atau tidaknya limbah ini dibuang sembarangan maka akan menjadikannya masalah besar seperti bencana banjir karena tersumbatnya saluran air yang disebabkan oleh limbah atau sampah.

Meskipun limbah anorganik ini adalah salah satu ancaman terhadap kesehatan lingkungan karena sulitnya penguraian, ternyata limbah ini telah mulai diperhatikan oleh banyak orang yang memang memiliki jiwa seni dengan ide-ide kreatif, sehingga limbah anorganik ini menjadi berkurang ancamanya.

Nah, untuk itu pada kesempatan ini paluipuntik akan memberikan beberapa kerajinan dari limbah organik, dari pada limbah ini dibuang dan menumpuk hingga menjadikan lingkungan tidak sehat maka dengan cara inilah salah satunya kita dapat memanfaatkan limbah tersebut untuk sesuatu yang memiliki nilai seni.

kerajinan dari limbah anorganik

foresteract com

Kerajinan Dari Limbah Anorganik

Limbah anorganik terlihat memang sulit dan tidak bisa terurai, namun ada beberapa limbah anorganik yang dapat terurai namun sangat memerlukan waktu yang lama. Ada berbagai macam jenis limbah anorganik, seperti:

Jenis Limbah Anorganik

  • Limbah anorganik yang berasal dari pertambangan, misalnya seperti batu bara, besi, timah, nikel dan lain sebagainya.
  • Limbah anorganik yang berasal dari sampah rumah tangga, misalnya seperti kaleng bekas, botol, plastik, tulang belulang, batu-batuan, dan lain sebagainya.

Adapun jenis limbah yang nantinya akan kita jadikan bahan dasar dalam pembuatan kerajinan dari limbah anorganik yang mana limbah tersebut kita bagikan menjadi dua bagian, yakni sebagai berikut:

  • Limbah anorganik lunak

Limbah anorganik lunak merupakan limbah yang sangat mudah dan sederhana untuk diolah suatu kerajinan, misal seperti, kaleng bekas, botol plastik, dan lainnya.

  • Limbah anorganik keras

Limbah anorganik keras merupakan limbah yang  memiliki kandungan bahan yang kuat serta sulit untuk dihancurkan sehingga sulit untuk dibuat kerajinan, misal seperti botol kaca, bola lampu, besi, dan lain sebagainya. Akan tetapi limbah anorganik ini juga dapat dibuat dalam kerajinan dari limbah anorganik yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Sudah ada banyak orang yang telah memanfaatkan limbah anorganik lunak dan keras ini yang dijadikan sebagai bahan dasar dalam bentuk kerajinan dari limbah anorganik, dimana teknik atau cara membuatnya sangat bervariasi sesuai keinginan dan ide kreatifitas serta bahan dari limbah tersebut.

Penggunaan bahan dasar untuk kerajinan dari limbah anorganik yang didesain menjadi sebuah bentuk kerajinan tidaklah mudah, sehingga memerlukan kekreatifitasan yang tinggi pula serta motivasi yang besar dalam memprosesnya sehingga selain untuk menghasilkan karya atau seni dari kerajinan dari limbah anorganik kita juga dapat menerapkan gaya hidup yang sehat.

kerajinan dari limbah anorganik

internapcdn net

Langkah-langkah Dalam Pembuatan Kerajinan Dari Limbah Anorganik

Ada beberapa langkah dalam proses pembuatan kerajinan dari limbah anorganik. Langkah awal yang harus dilakukan dalam pembuatan kerajinan dari limbah anorganik adalah  sebagai berikut.

  1. Pemilihan bahan. Yakni dengan memilih limbah anorganik yang akan kita jadikan bahan dasar dalam proses pembuatan kerajinan dari limbah anorganik ini.
  2. Pembersihan. Yakni setelah memilih limbah anorganik maka selanjutnya membersihkan limbah tersebut, karena limbah anorganik biasanya dalam keadaan tidaklah bersih sehingga perlu dibersihkan.
  3. Pengeringan. Yakni setelah selesai pembersihan langkah selanjutnya adalah mengeringkan limbah tersebut, bisa dengan dijemur ataupun di lap dengan lap pengering.

Setelah langkah awal tersebut telah dilakukan maka kemudian kita memulai langkah selanjutnya yakni langkah pembuatan kerajinan dari limbah anorganik. Langkah tersebut bisa dengan cara yang bervariasi sesuai ide kreatif yang akan kita tuangkan dalam pembuatan kerajinan tersebut.

Namun, jika bahan dasar yang kita gunakan dalam kerajinan dari limbah anorganik ini berasal dari limbah yang sifatnya keras, maka perlu juga dilakukan penghalusan jika memang ingin penghalusan, yakni bisa dengan dipotong-potong, dihancurkan, dan lain sebagainya.

Langkah terakhir dalam pembuatan kerajinan dari limbah anorganik adalah.

  1. Pewarnaan (jika dirasa perlu). Pewarnaan bisa kita lakukan dengan disemprot atau menggunakan kuas untuk mencatnya.
  2. Pengeringan setelah pewarnaan. Setelah selesai memberikan warna maka kita bisa mengeringkannya, bisa dengan dijemur atau pun dengan di angin-anginkan.
  3. Finishing. Yang mana dalam langkah ini jika dirasa perlu kita memberikan berbagai macam variasi sehingga kerajinan ini terlihat sangat bagus, unik, dan memiliki nilai yang tinggi.

Contoh Kerajinan Dari Limbah Anorganik

Berikut beberapa contoh kerajinan dari limbah anorganik yang bisa kita jadikan referensi dalam membuat kerajinan.

Contoh Kerajinan dari Limbah Anorganik Lunak

  • Limbah Plastik

Ada banyak jenis dari limbah plastik ini, seperti kemasan minuman saset (segar sari, susu saset, kopi dalam kemasan saset), botol plastik, dan lainnya. Berikut contoh kerajinan dari limbah anorganik dari plastik:

kerajinan dari limbah anorganik

atmajaya ac id

  • Limbah Kaleng

Selain limbah plastik ada pula limbah kaleng yakni limbah yang contohnya seperti minuman dalam bentuk kemasan kaleng. berikut contoh kerajinan dari limbah anorganik dari kaleng.

kerajinan dari limbah anorganik

theverybesttop10 com

  • Limbah Karet

Jenis dari limbah karet ini misalnya seperti ban mobil atau ban motor bekas, dengan berbagai ide kreatif limbah karet seperti ini dapat kita jadikan kerajinan yang tentunya sangatlah bermanfaat. contoh kerajinan dari limbah anorganik dari karet seperti ban mobil ini.

kerajinan dari limbah anorganik

akairan com

Contoh Kerajinan dari Limbah Anorganik Keras

  • Limbah Kaca

Ada banyak contohnya limbah kaca, salah satunya adalah botol kaca, kerajinan dalam bentuk kaca ini bisa dibuat dengan cara dilebur atau dengan menghaluskan atau dihancurkan menjadi kepingan-kepingan kecil, adapun limbah kaca seperti bola lampu yang mana kita tidak perlu dengan menghancurkan akan tetapi kita juga bisa memodifikasinya dengan berbagai macan kekreatifitasan. Berikut contoh kerajinan dari limbah anorganik dari kaca.

Contoh 1

kerajinan dari limbah anorganik

infoproperti com

Contoh 2

kerajinan dari limbah anorganik

imgrum org

  • Limbah Besi

Limbah dari besi memang sangat sulit untuk dijadikan suatu bahan kerajinan, karena memerlukan banyak cara serta alat yang tidaklah sederhana. Namun dengan kekreatifitasan serta motivasi yang tinggi limbah ini dapat menghasilkan sebuah karya yang sangatlah fantastis. Berikut contoh kerajinan dari limbah anorganik dari besi.

kerajinan dari limbah anorganik

imgur com

Selain itu ada pula kerajinan dari limbah anorganik yang mana apabila bahan dasar dari limbah tersebut kita modifikasi dengan ide dan kreatifitas yang tinggi sehingga akan menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Berikut contohnya:

kerajinan dari limbah anorganik

lingkarwarna com

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa ada banyak cara dalam menangani atau menanggulangi sampah yang ada disekitar lingkungan, selain dengan dihancurkan seperti membakar dan lainnya, kita juga dapat melakukannya dengan mendaur ulang limbah-limbah tersebut dengan menjadikannya karya seni yang memiliki nilai yang tinggi yang dibuat dengan ide-ide kreatifitas yang dituangkan dalam bentuk kerajinan.

Selain menjadikannya suatu kerajinan yang memiliki nilai yang tinggi kita juga dapat menanggulangi sampah yang ada dilingkungan sekitar seperti sampah anorganik yang mana sampah atau limbah ini sangat sulit dan bahkan tidak bisa terurai yang menyebabkan pencemaran lingkungan yang juga mengganggu kesehatan lingkungan, sehingga kita juga menerapkan pola gaya hidup yang sehat.

tidak disangka bukan, bahwa limbah anorganik dapat kita manfaatkan kembali, tidak perlu dibuang, cukup dengan kita jadikan suatu kerajinan dari limbah anorganik saja.

Dan selain contoh dari bahan limbah diatas, kita juga dapat membuat suatu kerajinan dari limbah anorganik dari bahan-bahan yang memang bisa kita buat karena dengan adanya ide-ide kreatif, apapun bahannya akan tetap kita oleh menjadi suatu karya yang bernilai.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para sahabat palui sekalian, dan kembangkan kembali ide-ide kreatifitas dalam bentuk kerajinan dari limbah anorganik yang memiliki nilai yang tinggi.

Leave a Reply