Inilah Jenis-Jenis Pakaian Wanita Dan Laki-laki

Jenis-jenis Pakaian – Pakaian adalah salah satu nikmat dan penghormatan yang diberikan Allah SWT kepada anak cucu Adam. Barang siapa yang mensyukuri nikmat ini, maka dia telah berada dalam batas-batas aturan yang diperbolehkan kepadanya.

Allah Ta’al berfirman:

 “Hai anak Adam sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa  itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (Q.S. Al-A’raf: 26).

cdninstagram.com

Jenis-Jenis Pakaian Wanita Dan Laki-laki

Jenis Pakaian Untuk Wanita

Sebelum membahas tentang pakaian wanita, kita mengingat kembali bahwa dalam ajaran agama islam menjelaskan bahwa aurat wanita itu seluruh badan kecuali muka dan telapak tangan. Nah kalau sudah ingat mari kita simak beberapa jenis pakaian untuk wanita.

Pakaian syar’i (sesuai aturan agama)

Diwajibkan bagi wanita muslimah untuk memanjangkan pakaiannya hingga dapat menutupi kedua mata kakinya dan hendaknya menjulurkan kain kerudung (jilbab) pada kepalanya hingga menutupi leher dan dadanya, sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla:

 “Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [Al-Ahzaab/33: 59]

Pakaian yang syar’i, yang sesuai dengan syariat islam sebagai berikut:

  1. Menutupi seluruh anggota tubuh kecuali bagian-bagian tertentu yang boleh diperlihatkan.
  2. Tidak menjadi fitnah pada dirinya.
  3. Pakaian yang tebal dan tidak transparan sehingga bagian dalam tubuh tidak terlihat
  4. Pakaian yang tidak ketat atau sempit sehingga tidak membentuk lekukan- lekukan tubuh yang dapat menimbulkan daya rangsang atau nafsu bagi laki-laki.
  5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki
  6. Tidak menyerupai pakaian orang kafir
  7. Tidak terlalu berlebihan atau mewah

Pakaian syar’i namun ternyata tidak

Firman Allah SWT:

“katakanlah (wahai Nabi Muhammad) kepada wanita-wanita mukminah, hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian, atau bagian tubuh) mereka kecuali yang (biasa) Nampak darinya dan hendaklah mereka menutup mereka kedada mereka.” (QS. An Nur: 31)

Pakaian yang syar’i namun ternyata tidak bisa juga disebut berpakaian menutup aurat namun sebenarnya tidak, contohnya saja jubah atau gamis perempuan yang terbuat dari bahan kaos, jubah seperti ini memang terlihat menutup aurat namun ternyata tidak, pakaian yang terbuat dari kaos akan membentuk tubuh, apalagi jubah tersebut terlihat ketat, maka akan lebih membentuk tubuh. Contoh lain, berkerudung namun kerudung tersebut diikatkan dileher sehingga dapat menampakkan bentuk tubuh. . . loh kok gitu, kan katanya tadi aurat itu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. . . emang iya aurat itu seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, namun jika anda berpakaian seperti ini bisa saja akan menimbulkan nafsu oleh lawan jenis anda. Nah sesuai surah dalam Al-Qur’an yang telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya berpakaian lah yang sesuai agar anda dilindungi. . . apabila anda berpakaian namun menimbulkan nafsu pada lawan jenis anda maka itu juga dapat disebut aurat dan apakah itu akan melindungi anda?.

Pakaian anak gaul (kakeynian)

Zaman sekarang berpakaian tidak gaul akan dijauhi, dicela, dan … (isi sendiri sesuai apa yang telah anda alami dan perbuat). Maka inilah faktor munculnya berbagai jenis pakaian yang kakeynian, dan banyak dari kalangan anak muda yang memakai pakaian gaul karena mengikuti tren perkembangan zaman.

Sabda Nabi SAW:

“Barang siapa yang menyerupai tradiri suatu kaum maka dia bagian dari mereka.” (HR. Abu Daud)

Pakaian model

Firman Allah SWT:

“Hai anak adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al A’raf :31)

Jenis pakaian yang seperti ini merupakan pakaian yang berlebih-lebihan yang tujuannya adalah untuk menyombongkan diri serta pamer bahkan memiliki tujuan agar orang yang melihatnya merasa kagum, yakni pakaian yang jika dipakai, maka ia akan menjadi sorotan dan pusat perhatian orang lain, karena berpakaian dengan gaya yang aneh, keren dan mencolok, sehingga membuat si pemakai menjadi bangga akan kekaguman orang terhadapnya dan menjadikannya sombong. Sabda Nabi SAW:

“Barang siapa memakai pakaian yang tenar didunia maka Allah akan memakaikannya pakaian kehinaan diakhirat kelak.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Pakaian yang mengajak perzinahan

Firman Allah SWT:

“dan janganlah kamu mendekati zina, karena sesungguhnya zinah itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’ :32)

Pakaian yang mengajak perzinahan ini bisa dibilang “berpakaian namun telanjang”, wanita yang memakai pakaian seperti ini bahwasanya dia menginginkan dirinya  untuk dinikmati meskipun dia tidak mau untuk dinikmati, berpakaian seperti ini sangat lah bahaya. Bahayanya bagaimana? Anda sendiri yang merasakan bagaimana ketika berpakaian seperti ini.

Renungan dari hadits  Nabi SAW bersabda:

 “Jika seorang hamba berzina maka keluarlah darinya keimanan dan jadilah ia seperti awan mendung. Jika ia meninggalkan zina maka kembalilah keimanan itu kepadanya,” (Shahih, HR Abu Dawud)

 

Jenis Pakaian Untuk laki-laki

Secara umun untuk pakaian laki-laki tidak terlalu banyak persoalan, namun tetaplah untuk berpakayan (pakaian) yang sesuai dengan anjuran agama dimana yang telah diketahui bahwa:

  1. Memakai pakaian yang menutupi tubuh, terutama bagian aurat (pusar hingga lutut).
  2. Berpakaian tidak ketat atau membentuk tubuh.
  3. Pakaian tidak mencolok
  4. Sebaiknya berpakaian yang bersih, nyaman, enak dilihat dan tidak menimbulkan kecurigaan.
  5. Yang terutama berpakaian yang sewajarnya sebagaimana laki-laki pada umumnya.

Banyak dari kalangan laki-laki yang berpakaiyan bagus namun tidak menutup aurat, contohnya saja celana panjang yang disobek tepat dilutut, padahal kita sudah tahu bahwa aurat itu dari pusar hingga lutut, , , mungkin karena trend berpakaian yang mengikuti zaman.

Dan bagaimana untuk baju dalaman seperti singlet untuk laki-laki, itu tidak masalah selama masih menutup aurat, , , terus bagaimana jika laki-laki memakai celana pendek, itu pun tidak masalah selama masih menutup aurat. Celana pendek kan mestinya tidak menutup aurat, nah kalo celana pendek itu tidak menutup aurat yaaa gimana caranya agar celana pendek itu menutup aurat… hehe.

Adapula seorang laki-laki yang berpakaian seperti wanita, hal ini merupakan cara berpakaian akhir zaman, dimana seorang laki-laki memakai pakaian wanita bahkan memang pakaian wanita yang dipakai, pakaian seperti inipun bisa mempengaruhi karakter dirinya sebagai seorang laki-laki dan merubah karaktenya menjadi seorang wanita, dengan gaya wanita, bahkan mirip seperti wanita. . . huaduh,,, sampai segitunya ya, ga percaya??? Liat aja disekeliling anda. kalaunya tidak ada, anda bisa lihat dimedia, berita-berita mana saja kan banyak info. . . hehe

weddingwire.com

itulah tadi artikel tentang beberapa jenis-jenis pakaian laki-laki maupun perempuan, semoga bermanfaat dan dapat memahaminya sehingga kita dapat menegtahui dari segala hal yang baik maupun buruk. mohon maaf apabila ada kesalahan.

Leave a Reply