Inilah Contoh Tumbuhan Spora Beserta Jenis-jenis Dan Gambarnya

Contoh Tumbuhan Spora Beserta Jenis-Jenis Dan Gambarnya

kumpulantugassekolahnyarakabintang.blogspot.com

Contoh Tumbuhan Spora – pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan tentang contoh tumbuhan spora, dimana tumbuhan spora meliputi tumbuhan lumut, paku, dan jamur serta rane. berikut penjelasannya.

Tumbuhan Lumut

Lumut merupakan contoh tumbuhan spora hijau yang memiliki ukuran kecil yang sering tumbuh di tempat-tempat yang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, seperti pada pingiran kali, di atas batu bata dan di atas tanah yang memiliki kelembapan yang tinggi, tumbuhan ini mempunyai cara yang unik untuk melanjutkan keturunan mereka yakni secara metaginesis. Metagenesis ialah suatu pergiliran antara generasi seksual dan aseksual untuk melanjutkan suatu keturunan. Yakni dari generasi penghasil gamet ke penghasil  spora atau yang sering disebut gametofit  ke sporofit.

Jenis-jenis Tumbuhan Lumut

  • Lumut Hati

biodiversitywarriors.org

Lumut hati yang memiliki nama latin hepaticopsida merupakan salah satu jenis tumbuhan lumut yang dapat tumbuh ditempat yang lembab dan basah. Tumbuhan ini memiliki tubuh yang berbentuk seperti lembaran, pipih dan berlobus yang pada umumnya tumbuhan lumut ini tidak memiliki daun, namun ada juga tumbuhan lumut ini yang memiliki daun seperti jungermannia.

Contoh lumut hati seperti Riccardia indica, Reboulia hermisphaerica, Marchantia polymorpha, Pellia calycina.

  • Lumut Tanduk

satujam.com

Lumut tanduk memiliki nama latin  anthocerotae merupakan salah satu jenis tumbuhan lumut yang habitatnya mempunya tingkat kelembaban yang tinggi, biasanya tumbuhan lumut ini tumbuh di batu-batuan atau tanah yang sangat lembab. Tumbuhan lumut ini memiliki bentuk sama dengan lumut hati, akan tetapi ada perbedaan pada bentuk sporofitnya, bentuk sporofiy yang dimiliki lumut tanduk berupa kapsul yang memiliki kandungan kurtikula

Contoh tumbuhan lumut tanduk seperti Falioceros, Anthocerospunctatus, Leiosporoceros, dan Phaeoceros laevis.

  • Lumut Daun

indonesiakehati.com

Lumut daun memiliki nama latin byropsida  yang merupakan salah satu tumbuhan lumut yang memiliki jumlah paling banyak dibanding dengan tumbuhan lumut hati dan lumut tanduk. Tumbuhan lumut ini sangat mudah ditemukan seperti dipermukaan tanah yang lembab, tembok, dan dibebatuan, serta ada juga yang menempel dikulit pohon.tumbuhan lumut ini memiliki bentuk seperti tumbuhan kecil yang tumbuh tegak dengan batang bercabang namun ada juga yang tidak bercabang, serta memiliki daun yang berukuran kecil dan tersebar disekeliling batang.

Contoh tumbuhan lumut daun seperti Campylopus, Sphagnum palustre, Polytrichum hyperboreum, Dichodontium, Polytrichum commune, Sphagnum squarrosum.

 

Tumbuhan Paku

Tumbuhan paku merupakan contoh tumbuhan spora yang mempunyai berbagai macam nama dikalangan masyarakat, ada yang menyebut tumbuhan ini sebagai tumbuhan pakis, ataupun tumbuhan paku-pakuan. Namun pada dasarnya semua nama yang diberikan oleh para masyaraka adalah sama yaitu tumbuhan paku seutuhnya. Tumbuhan paku merupakan salah satu tumbuhan yang tergolong Tracheophyta atau sering disebut sistem pembuluh sejati, namun tumbuhan ini tidak memproduksi biji sebagai pelanjut keturunannya. Akan tetapi mereka melanjutkan keturunannya dengan cara melepaskan spora, seperti pada lumut dan jamur.

Jenis-jenis Tumbuhan Paku

Ada banyak jenis-jenis tumbuhan paku yang tumbuh dipermukaan bumi, diperkampungan sering kita jumpai berbagai jenis tumbuhan paku. Tumbuhan paku pada umumnya tumbuh di daerah yang lembab, seperti ditebing-tebing, daerah pegunungan serta ada junga di daerah dataran rendah.

Pada artikel ini akan membahas hanya beberapa saja jenis tumbuhan paku, jenis tersebut antara lain.

  • Tumbuhan Paku Sejati

wikimedia.org

Tumbuhan paku sejati memiliki nama latin filicophyta yang tentunya sudah sering kita lihat terutama didaerah perkampungan atau pegunungan. Tumbuhan ini sangat mudah tumbuh dan  sering digunakan sebagai tumbuhan hias yang biasanya diletakan didepan rumah. Tumbuhan paku ini mempunyai struktur yang lengkap, mulai dari akar, batang hingga daun.

  • Paku Kawat

bangkudepan.com

Tumbuhan paku kawat memiliki nama latin lycophtya yang merupakan jenis tumbuhan yang memiliki akar dengan batang yang bercabang dan menggarpu. Sama halnya seperti tumbuhan paku sejati, tumbuhan paku ini juga mempunyai akar, batang, dan daun. Akan tetapi tumbuhan ini memiliki bentuk yang sama seperti pohon pinus sehingga juga cukup bagus untuk dijadikan tumbuhan hias di rumah.

  • Paku Ekor Kuda

faunadanflora.com

Tumbuhan paku ekor kuda memiliki nama latin arthrophyta yang merupakan tumbuhan yang memiliki batang berbuku-buku dan berongga serta berdiri tegak yang mirip dengan daun cemara, ruas daun yang kecil dan tersusun melingkar serta tunggal . Jenis tumbuhan ini cukup jarang kita jumpai, tumbuhan ini biasanya dapat tumbuh subur di daerah dataran tinggi.

  • Paku Air

wikimedia.org

Tumbuhan paku air juga merupakan tumbuhan jenis paku-pakuan yang hidupnya tergantung pada air atau sering kita temui di area persawahan atau sungai. Yang juga dapat berkembang biak dengan spora.

 

Tumbuhan Jamur

Jamur  merupakan tumbuhan yang berkembang biak secara spora, yang mana bentuk jamur sendiri memeiliki bentuk serta warna yang beraneka ragam dan jamur lebih sering tumbuh pada tanah yang lembab, serta sedikit menerima cahaya dan tanah yang memiliki senyawa-senyawa organik yang dapat digunakan sebagai sumber makanannya, untuk jamur sendiri hampir 90 persen bagian tubuhnya mengandung air.

Jenis-jenis Tumbuhan Jamur

Ada banyak sekali jenis jamur yang tumbuh dibumi ini, dimulai dari jamur yang dapat dikonsumsi dan jamur yang berbahaya sehingga tidak dapat dikonsumsi. Pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit penjelasan dan sebagian contoh dari jenis-jenis tumbuhan jamur yang hanya layak dikonsumsi saja.

  • Jamur Tiram

thealthbenefitsof.com

Jamur tiram memiliki nama latin Pleurotus ostreatus, tumbuhan jamur ini merupakan jamur yang banyak dan sering dikomsumsi dan termasuk jamur yang paling populer di kalangan masyarakat karena jamur ini memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Jamur ini  memiliki bentuk tangkai yang tudung mirip dengan cangkang kerang dengan bagian atas memiliki cekungan di tengah, jamur ini berwarna putih sampai cream.

  • Jamur Kancing

tanamanberkhasiat.com

Jamur kancing memiliki nama latin Agaricus bisporus yang merupakan salah satu jenis jamur yang dapat komsumsi. Jamur ini memiliki bentuk yang mirip dengan kancing pakaian sehingga disebut sebgai jamur kancing yang memiliki bentuk bulat dengan warna putih bersih, krem dan coklat. Jamur ini juga banyak memiliki banyak manfaat.

  • Jamur Enokitake

loexie.wordpress.com

Jamur enokitake memiliki nama latin Flammulina velutipes yang merupakan jamur yan tumbuh di alam bebas, namun biasanya jamur ini banyak tersebar di berbagai dunia yang beriklim salju dan hanya tumbuh di permukaan batang pohon celtis sinensis. Jamur ini memiliki dua jenis warna yakni warna coklat sampai warna merah muda dan warna putih. Jamur enokitake yang berwarna putih inilah yang dalam pembudidayaannya harus terlindungi oleh sinar matahari.

 

Tumbuhan Rane

biodiversitywarriors.org

Rane merupakan tumbuhan yang berkembang biak secara spora yang hampir sama dengan lumut dan jamur, namun pada dasarnya rane juga termasuk dari tumbuhan paku-pakuan, hanya saja rane mempunyai daun yang kecil atau yang sering disebut sebagai microfer.

 

Nah, inilah sedikit penjelasan dari paluipuntik tentang contoh tumbuhan spora, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian….

Leave a Reply