Contoh Pidato Menuntut Ilmu Dengan Tema Kewajiban Menuntut Ilmu

Contoh Pidato Menuntut Ilmu – Menuntut ilmu dalam islam hukumnya adalah wajib. Allah Swt dan RasulNya telah menegaskan pada kita semua tentang keharusan dalam menuntut ilmu melalui firman dan sabda-sabdanya.

Pada kesempatan kali ini paluipuntik akan memberikan contoh pidato menuntut ilmu mengenai kewajiban menuntut ilmu. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan bagi sahabat-sahabat dalam mengerjakan tugas ataupun lainnya.

takhfifan.com

Contoh Pidato Menuntut Ilmu Dengan Tema Kewajiban Menuntut Ilmu

Ada banyak sekali contoh pidato menuntut ilmu, Berikut contoh pidato menuntut ilmu dengan tema:

Kewajiban Menuntut Ilmu

 

بِسْمِ اللهِ الرّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ  عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ, اَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT. Yang mana atas berkat taufik dan hidayahNya serta rahmatNya sehingga kita semua dapat berkumpul ditempat yang sederhana ini dengan niat menuntut ilmu.

Sholawat serta  salam tidak lupa kita sanjungkan serta kita hanturkan kepada sang pangkuan, sang junjungan  nabi besar Muhammad SAW. Yang mana oleh karena beliau telah membebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan, dari kegelapan menuju jalan yang terang benderang.

Hadirin yang berbahagia,

Rasulullah SAW bersabda:

طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِم

”Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim.”

Kenapa dalam menuntut ilmu itu diwajibkan,???

Sebab dengan ilmu kita akan menjadi tahu yang mana yang baik dan yang mana yang buruk, dengan ilmu kita tahu mana yang hak dan mana yang bathil, dengan ilmu kita tahu mana yang halal dan mana yang haram.

Hadirin yang dirahmati Allah Swt.

Catatan penting kenapa kita harus menuntut ilmu.

  • Yang pertama, Karena ilmu merupakan cahaya kehidupan dalam kegelapan, yang akan menerangi dan membimbimg manusia kepada jalan yang benar.
  • Yang kedua, Karena ilmu merupakan alat untuk membuka rahasia alam, yakni rahasia kesuksesan hidup di dunia dan di akhirat.
  • Yang ketiga, Karena dalam menuntut ilmu tidak memiliki batasan waktu hingga akhir hayat, oleh karena itu carilah ilmu walau ilmu tersebut berada jauh di perantauan, dan lengkapilah ilmu akhirat dengan ilmu dunia agar kita bahagia di dunia dan akhirat yakni dengan menyeimbangkan keduanya.
  • Yang keempat, Allah Swt telah menjanjikan akan mengangkat derajatnya bagi orang berilmu menjadi orang yang mulia beserta orang-orang yang beriman.

يَرْفَعِ اللهِ الّذِيْنَ آمَنُوا مِنْكُم وَالَذِيْنَ اُوتُوا العِلْمَ دَرَجَاتِ

“Allah mengangkat orang-orang yang beriman dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat”

(QS. Al Mujadilah: 11)

Hadirin yang dimuliakan Allah Swt

Semoga kita semua termasuk kedalam orang-orang yang Allah Swt beri ilmu sehingga kita dapat mengamalkan ilmu yang kita dapat dan menjadikannya ibadah dalam menuntut ilmu.

Demikianlah pidato singkat dari saya, mohon maaf atas segala kesalahan dan kehilapan dalam penyampaian, Semoga dengan apa yang saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua lebih khusus untuk saya pribadi yang fakir dengan ilmu, serta menjadi penyemangat kita dalam dalam menuntut dan mempelajari ilmu pengetahuan, serta semoga dengan ilmu dapat menambah keimanan kita.

 

 

Inilah sedikit artikel dari saya mengenai contoh pidato menuntut ilmu yang bertemakan kewajiban menuntut ilmu, semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian, contoh tersebut hanya urayan pentingnya saja selebihnya sahabat dapat menjabarkannya lagi dengan penjelasan yang lebih luas sesuai bahasa sahabat-sahabat sendiri agar para pendengar dapat memahaminya dengan baik.

Terimakasih atas kunjungannya.

One Response

  1. nadya 20/03/2018

Leave a Reply