Inilah Tips dan Cara Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Kucing – Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang sangatlah lucu, tak jarang banyak orang-orang yang ingin memelihara kucing karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Untuk memeliharanya pun tidaklah mudah terkadang kucing juga dapat terserang penyakit, apalagi untuk kucing Persia atau kucing anggora yang sangat diperlukan perawatan agar kucing tetap terus sehat.

Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini paluipuntik akan memberikan beberapa tips dan cara merawat kucing, baik itu kucing kampung, maupun kucing anggora atau pun kucing Persia.

cara merawat kucing

kaskus id

Tips dan Cara Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat

Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang sangat lah lucu dan menggemaskan, yang sangat cantik dengan bulunya yang indah sehingga banyak orang-orang yang ingin memelihara hewan yang lucu ini dengan sifatnya yang manja dan menjadikan pemiliknya senang dan terhibur.

Cara Merawat Kucing Peliharaan Bagi Pemula

Ada beberapa cara merawat kucing peliharaan bagi pemula secara umum yang dapat kita lakukan agar kucing akan tetap terus sehat.

  • Bagi anak kucing perlu diperhatikan jumlah gizinya, karena anak kucing memerlukan gizi dua kali lebih besar dari pada kucing dewasa dengan memberikannya nutrisi yang lebih banyak. Namun bukan berarti kita harus memberikannya makan yang berlebih. Jika sudah 5 sampai 6 minggu berikan anak kucing tersebut makanan secara rutin yakni 4 kali sehari.
  • Janganlah memberikan makanan anjing kepada kucing, hal ini karena makanan anjing tidak memiliki kandungan turin, nutrisi yang diperlukan oleh kucing untuk menghindari penyakit pada kucing, yakni penyakit jantung dan penglihatan kabur.
  • Jika mencapai 8 sampai 10 bulan, kita dapat membiasakan kucing untuk makan-makanan rumahan, yakni seperti nasi dan ikan serta susu yang dapat kita biasakan untuk melakukannya sejak dini.
  • Dalam memandikan kucing kita tidak perlu melakukannya secara teratur, kita dapat memandikannya jika bulu kucing sudah mulai berbau, dengan menggunakan air dingin, hindari memandikan kucing dengan air panas, karena air panas dapat merusak bulu serta menyebabkan iritasi pada kulit kucing.
  • Sikat atau sisir bulu kucing secara rutin agar dapat menghilangkan bulu atau rambut mati, kumat serta bakteri yang ada pada bulu kucing.
  • Bawalah kucing pergi keluar dan bermain dengannya sehingga dalam hal ini dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak kucing dengan baik dan menjadikannya tumbuh sehat dan lincah.
  • Ajarkan pada anak kucing untuk kebiasaan sehari-hari, seperti mengajarkannya beberapa kebiasaan yang baik, yakni seperti pergi ke toilet, makan serta tidur.
  • Jangan lupa untuk bersikap tegas pada kucing, hal ini agar dapat menghindari kucing bersikap buruk yang ia tunjukkan. Sehingga kucing akan mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Bersikap tegas juga dapat membiasakan kucing agar dapat bersikap baik.
  • Berikanlah vaksin secara rutin agar dapat menghindari terserang penyakit serta virus yang menyerang kucing, dan lakukan dengan mengkonsultasikannya pula pada dokter hewan.
  • Lakukan perawatan kebersihan pada tubuhnya, dengan membersihkan gigi, telinga, dan kuku kucing, karena pada bagian ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit pada kucing.

Cara Merawat Kucing Kampung

cara merawat kucing

tipshewan com

Ada banyak cara merawat kucing kampung, kebanyakan kucing kampung peliharaannya sangat lah mudah dan kucing kampung terkenal dengan kekebalan tubuhnya yang dapat terhindar dari segala penyakit. Akan tetapi tidak semua jenis kucing kampung yang memiliki kekebalan tubuh yang bagus, ada pula kucing kampung yang mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa cara merawat kucing kampung agar kucing kampung tetap sehat serta gemuk dan nurut.

1.  Memperhatikan Makanan

Jika kita ingin memelihara kucing yang sehat serta gemuk, maka perhatikan pula makanannya dengan memberikannya makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi pertumbuhan kucing.  Dalam memberi makan kucing kampung tidak lah harus membelinya di toko-toko khusus makanan kucing, cukup dengan memberinya makanan seperti halnya makanan manusia pada umumnya, seperti nasi dan ikan yang memiliki kandungan protein. Hal inilah yang menyebabkan kenapa kucing kampung tidak mudah terserang penyakit karena adanya protein yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh si kucing serta mendukung pertumbuhan tubuhnya. Serta nasi yang berguna untuk menambah energi pada kucing.

2.  Memperhatikan Minuman

Kucing kampung biasanya minum air biasa, seperti air sungai, air hujan yang telah tergenang dan sebagainya. Hal inilah yang membuat kita tidak kesulitan dalam cara merawat kucing kampung. Namun hal tersebut perlu juga kita perhatikan jika kita ingin kucing kampung peliharaan tetap tumbuh sehat, yakni dengan memberikannya air putih yang matang serta benar-benar bersih, karena hal ini sangat berguna agar pencernaannya tidak terganggu. Dan sesekali kita dapat memberikan minuman susu agar dapat membantu pertumbuhannya, namun hindari juga memberikan minuman kucing berupa susu sapi, karena susu sapi memiliki protein yang sulit untuk dicerna.

3.  Memandikan Kucing

cara merawat kucing

kucingpedia com

Tidak hanya kucing Persia atau pun anggora yang perlu dimandikan, kucing kampung pun perlu juga dimandikan dengan minimal satu minggu sekali. Biasanya kucing kampung sangat sulit untuk dimandikan, karena kucing akan berontak jika kulitnya tersentuh air, sehingga dalam memandikan kucing kampung kita perlu meminta bantuan orang lain. Namun jika sudah terbiasa dilakukan kucing pun sangat mudah untuk dimandikan. Agar kucing memiliki bulu yang lembut dan bersih maka berilah shampoo khusus dan beri pula sedikit gosokan pada kucing, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih dan angkat lalu lap menggunakan handuk dan kemudian keringkan.

4.  Memperhatikan Kesehatan

Dalam cara merawat kucing kampung pun perlu juga kita perhatikan kesehatanya. Untuk menjaga kesehatan kucing kampung tidaklah perlu untuk kedokter hewan karena kita telah tahu bahwa cara merawat kucing kampung ini sangatlah mudah tidak seperti kucing-kucing jenis lainnya.

Cara Merawat Kucing Anggora

cara merawat kucing

duniaq com

Kucing anggora merupakan salah satu jenis kucing yang sangat ingin dimiliki oleh para pecinta kucing untuk dipelihara dikarenakan bulunya yang unik serta terlihat sangat menggemaskan dan lucu.

Cara merawat kucing anggora ini pun tidaklah mudah seperti halnya kucing kampung, karena perlu keahlian yang harus teliti dan telaten serta cukup menguras waktu agar kucing anggora dapat terawat dan sehat.

Jenis kucing seperti ini juga perlu banyak perhatian yang khusus karena kucing anggora sangat mudah depresi ketika dibiarkan sendirian dalam waktu yang lama, sehingga kita harus memperhatikan dan memberikan waktu yang banyak jika kita memeliharanya.

Adapun yang harus kita persiapakan terlebih dahulu ketika kita ingin memelihara kucing anggora yakni sebagai berikut:

1.  Perlengkapan Kucing Anggora

Perlengkapan seperti ini sangat berfungsi dalam menunjang perawatan agar lebih baik serta menjadi hiasan untuk mempercantik kandangnya, berikut beberapa perlengkapannya:

  • Kandang, dengan adanya kandang yang sebagai rumah bagi kucing akan membuat kucing merasa lebih aman dan nyaman dalam mengekspresikan perilaku alaminya. Menyediakan kandang bagi si kucing tidaklah harus membeli dengan harga yang mahal, yang terpenting dapat membuat si kucing merasa aman dan nyaman dan kita juga dapat membuatnya sendiri dengan berbagai ide kreatif yang kita miliki.
cara merawat kucing

vinz-prasetyo org

  • Tempat makan, kucing juga memerlukan tempat makan agar ketika kucing tersebut makan, makanan-makanan tersebut tidak berserakan kemana-mana.
  • Tempat minum, tidak hanya tempat makan, tempat minum juga perlu disediakan untuk si kucing.
  • Kotak pasir dengan pasir yang memang khusus untuk si kucing.
  • Ayakan, yang nantinya akan berfungsi untuk memisahkan kotoran kucing dan pasir.

2.  Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik dan Benar

  • Memberikan Makanan Dan Minuman Kucing
cara merawat kucing

hqdefault

Dalam cara merawat kucing anggora kita juga harus memperhatikan makanan dan minumannya, ada banyak sekali jenis produk makanan untuk kucing anggora, namun perlu juga kita memilih makan yang cocok dan baik untuk kucing anggora peliharaan kita. Karena tidak semua produk makanan kucing itu baik seperti produk makanan kaleng atau makanan basah yang tidak baik untuk kesehatan si kucing.

Memberikan makanan dan minuman kesukaan kucing juga berfungsi untuk menjinakkan kucing jenis ini, untuk minumnya berikanlah air yang sudah matang dan sesekali kita dapat memberikannya susu yang khusus untuk kucing.

Untuk makanan kucing kita juga perlu memperhatikan penyimpanannya agar dapat mempertahankan kualitas makanan dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk menyimpan makanan kucing agar dapat mengurangi serta mengatasi kerusakan pada makanan kucing.

  1. Simpanlah ditempat yang kering
  2. Simpanlah di tempat penyimpanan yang bersih dan tertutup
  3. Hindari penyimpanan makanan dari sinar matahari secara langsung
  4. Kalau bisa, simpanlah makanan kucing didalam kulkas agar lebih bagus sehingga dapat membantu keawetan makanan dan menjaga kualitas nutrisinya, namun jangan dicampur dengan makanan kita.
  • Mengganti Makanan Kucing Anggora

Kita juga perlu mengganti makanan kucing anggora dari makanan yang lama ke makanan yang baru, namun dalam mengganti makanan tersebut harus dilakukan secara bertahap, yakni sebagai berikut:

  1.  1-2 hari kita dapat mencampurkan 30% makanan baru dan 70% makanan lama
  2.  3-5 hari kita dapat mencampurkan 50% makanan baru dan 50% makanan lama
  3.  6-7 hari kita dapat mencampurkan 70% makanan baru dan 30% makanan lama
  4.  7 hari keatas kita dapat mencampurkan 100% makanan baru

Catatan : jika kucing tidak mengalami gangguan pencernaan seperti menceret dan muntah, maka pemberikan makanan baru dapat dilanjutkan seterusnya.

  • Pemberian Obat Cacing Untuk Kucing

Dalam cara merawat kucing anggora kita juga perlu melakukan pemberian obat cacing yang mana dapat dilakukan 2 hingga 4 kali pemberian dalam setahun, serta sebaiknya konsultasikan juga kepada dokter hewan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian obat cacing kepada kucing.

  • Perawatan Khusus Kucing Anggora

Dalam cara merawat kucing anggora ini perlu juga adanya perawatan khusus, yakni sebagai berikut:

  1. Pemberian makanan yang dilakukan setiap hari pada waktu pagi dan sore.
  2. Membersihkan kotoran kucing yang juga dilakukan setiap hari pada pagi dan sore.
  3. Memandikan kucing dalam satu kali seminggu.
  4. Grooming kesalon dalam sebulan sekali (jika perlu)
  5. Mencuci kandang minimal seminggu sekali atau ketika kandang terlihat kotor.
  • Memberikan Vaksin Terhadap Kucing

Cara merawat kucing anggora juga perlunya pemberian vaksin yang berguna untuk menjaga kesehatan kucing serta juga merupakan salah satu cara agar dapat membuat kucing tidak mudah sakit.

cara merawat kucing

cnnturk com

Nah, Inilah beberapa cara merawat kucing, baik itu kucing kampung maupun kucing anggora, dalam merawat kucing kampung sangatlah mudah dan gampang dari pada merawat kucing anggora, karena cara merawat kucing anggora sangat lah diperlukan perhatian khusus serta mungkin kita dapat mengeluarkan biaya yang lebih dari pada kucing kampung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sahabat palui sekalian khususnya bagi kita yang sama-sama pecinta kucing. Dan ada banyak lagi cara merawat kucing yang dapat kita lakukan yakni dengan mengkonsultasikannya kepada dokter hewan agar perawatannya selalu terjaga dan hewan yang lucu ini tetap selalu sehat dan unik.

Leave a Reply