[KEREN CUY] Inilah Cara Membuat Grafiti Tulisan Nama Bagi Pemula

Cara Membuat Grafiti – Hallo sahabat palui sekalian, nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan suatu penjelasan mengenai bagaimana cara membuat grafiti. Membuat grafiti ini memanglah sulit bagi pemula namun jika kita lakukan dengan sungguh-sungguh dalam pembuatannya maka tidak sia-sia lah. Ditambah lagi dengan kekreatifan serta imajinasi dalam membuatnya.

Nah, untuk itu yuk mari kita simak bersama pada artikel ini yang membahas mengenai cara membuat graffiti tulisan atau nama di kertas ataupun tembok.

cara membuat grafiti

thebloodpoets com

Inilah Cara Membuat Grafiti Tulisan Nama Bagi Pemula

Sebelum kita memasuki pembahasan bagaimana cara membuat grafiti mari kita kenal terlebih dahulu apa sih grafiti itu, mari kita simak pembahasannya secara ringkas.

Pengertian Grafiti

Grafiti merupakan suatu kegiatan karya seni rupa yang dibuat menggunakan berbagai gabungan dari warna, garis, bentuk serta volume untuk menuliskan suatu kalimat atau nama tertentu di atas dinding atau tembok. Biasanya grafiti dibuat menggunakan cat semprot kaleng atau pilok.

Pada umumnya grafiti dinilai bersifat merusak, akan tetapi grafiti juga memiliki nilai keindahan yang luar biasa jika dibuat oleh yang ahlinya. Nah, bagi pemula grafiti bisa kita lakukan dan kita buat dikertas terlebih dahulu sebagai bahan pembelajaran awal, jika sudah mahir kita bisa melakukannya di tembok ataupun dinding rumah agar dapat memperindah rumah dengan seni.

Cara Membuat Grafiti

Bagi pemula cara membuat grafiti memanglah cukup sulit bahkan sangat sulit, untuk itu sebagai langkah awal kita harus mengetahui dasar-dasar pembuatan graffiti, yakni graffiti tulisan yang berupa nama ataupun kata dan kalimat.

Langkah-langkah Membuat Graffiti

Adapun langkah-langkah dalam cara membuat grafiti bagi pemula, yakni sebagai berikut

  • Sebagai langkah awal dalam cara membuat grafiti, sebaiknya kita mebuat yang simple-simpel saja sebagai latihan seperti huruf yang sederhana yang berguna untuk melatih kita dalam menulis huruf-huruf yang indah.
cara membuat grafiti

friendsocial net

  • Kemudian setelah kita bisa menuliskan huruf-huruf yang sederhana baru kita mencoba membuatnya lagi menjadi huruf-huruf yang memiliki variasi serta terlihat rumit yang unik dan indah.
cara membuat grafiti

depositphotos com

  • Nah, jika kita sudah menguasainya kita bisa mencobanya untuk membuat kedalam bentuk huruf 3D yang kemudian dapat kita beri warna agar dapat memperindah tulisan hasil karya seni graffiti kita. Nah, untuk membuat graffiti 3D mari kita lihat juga langkah langkah cara membuat grafiti 3D.

Cara Membuat Grafiti 3D

Graffiti dalam bentuk 3D merupakan seni graffiti yang memiliki nilai keindahan yang luar biasa, apalagi tulisan atau gambar dari hasil graffiti tersebut dapat dilihat dari samping. Pasti akan terlihat keren, namun dalam pembuatannya cukup sulit dikarenakan tingkat kesulitannya dan diperlukannya kreatifitas dan imajinasi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Berikut langkah-langkah cara membuat graffiti 3D.

Langkah-langkah  membuat graffiti 3D

  • Sebagai langkah awal dalam cara membuat grafiti dalam bentuk 3D adalah kita harus melakukan atau membuat sketsa gambar terlebih dahulu sebagai bahan acuan.
  • Langkah berikutnya kita cari tembok yang kosong yang kemudian kita beri cat dasar yakni warna putih agar warna pada pilok dapat menyatu pada tembok. Serta tidak lupa untuk mempersiapkan cat warna yang diperlukan untuk membuat graffiti nantinya.
  • Siapkan sketsa graffiti yang telah kita buat tadi. Bagi kita yang pemula sebaiknya kita membuat dan menirukan sketsa yang kita buat tadi pada tembok dengan menggunakan pensil terlebih dahulu, namun jika kita sudah mahir menggunakan cat pilok maka kita dapat secara langsung membuatnya pada tembok tanpa membuat sketsa pada tembok tersebut. Dan catatan jangan menggunakan cat pilok yang berwarna hitam terlebih dahulu.
  • Sebelum menyemprotkan cat pilok dalam cara membuat grafiti sebaiknya kita mempersiapkan alat penggaris tembok yakni berupa kertas atau karton atau triplek atau Koran yang dapat kita gunakan sebagai penggaris tembok.
  • Setelah alat penggaris tersebut telah siap langkah selanjutnya dalam cara membuat grafiti dengan bentuk 3D yakni kita bisa memulai mewarnai sketsa yang telah kita buat pada tembok tersebut dengan menggunakan alat penggaris tembok yang telah disebutkan tadi agar dapat terlihat rapi.
  • Dalam mencampurkan warna agar warna dapat menyatu maka kita bisa memberikannya, misal pada bentuk tulisan kita beri warna biru muda maka pada bayangannya kita bisa memberikan warna biru tua agar dapat terlihat jelas atau dapat pula dengan warna lain yang sesuai keinginan.
  • Setelah semua jadi, tulisan dan pewarnaanya sudah jadi maka sebagai langkah terakhir dalam cara membuat grafiti dalam bentuk 3D adalah memberikan warna blur hitam dan putih pada bayangannya agar terlihat lebih hidup.

Cara Membuat Grafiti Dengan Pensil

Selain dengan menggunakan cat semprot atau pilok kita juga dapat membuat graffiti dengan menggunakan pensil dalam bentuk 3D. Bagaimana cara membuat grafitinya, yuk kita simak juga.

Langka-langkah Membuat Grafiti Dengan Pensil

Sebelum kita memulai membuatnya kita harus mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan dalam membuat grafiti sederhana dengan menggunakan pensil, yaitu sebagai berikut:

  • Pensil
  • Penghapus
  • Kertas
  • Penggaris

Nah, setelah peralatan yang di perlukan tersebut sudah siap maka ikuti langkah-langkah cara membuat grafiti dengan menggunakan pensil berikut ini:

  • Langkah pertama dalam cara membuat grafiti dengan menggunakan pensil adalah menentukan kata yang akan kita buat menjadi grafiti 3D. misalnya saja kata “PALUI”. Setelah itu kita buat garis bantu agar dapat mempermudah untuk pembentukan setiap hurufnya.

cara membuat grafiti

  • Langkah kedua dalam cara membuat grafiti dengan menggunakan pensil adalah membuat tulisan dari kata “PALUI” tersebut pada tiap-tiap huruf dari garis bantu yang telah kita buat tadi, kemudian berilah ketebalan pada huruf tersebut.

cara membuat grafiti

  • Langkah ketiga adalah, jika semua huruf pada kata “PALUI” tersebut telah terbentuk, maka selanjutnya kita hapus garis-garis bantu tadi agar tulisan dari kata tersebut terlihat lebih jelas.

cara membuat grafiti

  • Langkah keempat yaitu, membuat efek 3D dari setiap huruf yang kita buat tadi dengan membuat perspektif titik dengan menggaris pada satu titik di pusat. Untuk lebih jelasnya bisa kita lihat pada gambar berikut.

cara membuat grafiti

  • Langkah kelima yaitu memilih tempat pemotongan garis perspektif 3D dengan menghapus garis perspektif pada bagian ujung garis atau pusat garis yang berfungsi untuk memotong tepi bawah agar dapat mencocokkan tepi huruf yang dapat membentuk bagian belakang atau setiap huruf diekstrusi. Untuk lebih jelasnya kita bisa lihat pada gambar berikut.

cara membuat grafiti

  • Langkah keenam, setelah langkah kelima tadi kita selesaikan maka selanjutnya memberikan warna gelap pada bagian bawah setiap huruf yang akan memperkuat ilustrasi 3D yang akan ditampilkan. Kemudian buat arsir bayangan bagian siku dan sisi ekstrusi namun jangan gelap atau tebal seperti bagian bawah.

cara membuat grafiti

  • Langkah terakhir dalam cara membuat grafiti dengan menggunakan pensil adalah membuat bevel atau garis di dalam masing-masing huruf serta menghubungkannya pada tiap-tiap sudut agar dapat memperkuat efek 3D dari karya tulisan kata yang kita buat.

cara membuat grafiti

Contoh Gambar Grafiti

Berikut contoh gambar grafiti.

cara membuat grafiti

pinterest com

 

cara membuat grafiti

deviantart net

 

cara membuat grafiti

deviantart net

 

cara membuat grafiti

obatrindu com

Contoh Gambar Grafiti Keren

cara membuat grafiti

weburbanist com

 

cara membuat grafiti

gambarbagus com

 

cara membuat grafiti

caradesain com

 

Nah, itulah tadi beberapa penjelasan mengenai cara membuat grafiti. Semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat palui sekalian.

Terimakasih

4 Comments

  1. Darlink 03/05/2018
    • Darlink 03/05/2018
  2. yelvi 17/10/2018
    • zaini 17/10/2018

Leave a Reply