Inilah Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Cara Melancarkan Haid – Setiap perempuan pasti akan mengalami yang namanya haid atau menstruasi, dimana ketika sedang haid ada saja permasalahan yang dialami seperti halnya haid yang tidak lancar. Nah pada kali ini palupuntik akan memberikan sedikit tips cara melancarkan haid yang alami.

cara melancarkan haid

crystalxperdana com

Inilah Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Ketika sedang haid, datang bulan, tamu bulanan,  atau menstruasi, seorang perempuan pastinya akan mengalami pendarahan dari sekitar vaginanya selama kurang lebih 2 hari hingga satu minggu dengan volume darah rata-rata sekitar 30 sampai 70 mililiter. Yang mana volume pendarahan terbanyak terjadi ketika pada hari pertama dan kedua.

Dalam proses haid atau menstruasi juga sering terjadi secara berubah-ubah, tergantung dengan kondisi kesehatan, namun tidak perlu cemas, karena hal tersebut belum tentu mengindikasikan masalah kesehatan. Akan tetapi dianjurkan pula untuk memeriksakannya ke dokter apabila mengalami kondisi tersebut.

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara melancarkan haid secara alami mari kita ketahui dulu apa penyebab atau faktor apa saja yang dapat mempengaruhi gangguan ketika haid yang menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Berikut penjelasannya.

Faktor Yang Mempengaruhi Gangguan Ketika Haid

cara melancarkan haid

wartakesehatan com

Berikut faktor-faktor utama yang menyebabkan gangguan ketika sedang haid sehingga haid menjadi tidak lancar, yakni sebagai berikut:

1.  Hormon Yang Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang akan dapat memicu menstruasi atau haid yang tidak teratur. Yang dapat mempengaruhi hal tersebut diantaranya adalah obat-obatan, gaya hidup, perimenopause, sakit, tiroid, dan sindrom polikistik ovarium.

2.  Stres

Faktor yang dapat mempengaruhi gangguan ketika sedang haid adalah dikarenakan stress, sebab stress akan mempengaruhi kondisi tubuh yang tidak sehat yang berdampak pada masa menstruasi yang berubah-ubah.

Stress dapat menyebabkan kondisi pikiran yang tidak stabil yang dapat mempengaruhi hormone estrogen, progestrogen, dan penurunan gonadoptropin relasing hormone (GnRH) yang menimbulkan terlambatnya menstruasi atau haid.

3.  Penyakit

Faktor yang dapat mempengaruhi gangguan ketika sedang haid sehingga menjadi tidak lancar ialah disebabkan oleh adanya penyakit seperti kista, polip, fibroid, infeksi pada saluran reproduksi, kelainan genetic, endometriosis, serta sindrom polikistik ovarium. Penyakit ini biasanya terdapat pada saluran reproduksi.

 

Tanda-tanda Haid

cara melancarkan haid

linisehat com

Berikut tanda-tanda ketika sedang haid atau menstruasi

  • Depresi
  • Perut terasa kembung
  • Sering uring-uringan
  • Suasana hati tidak setabil
  • Sulit untuk konsentrasi
  • Mudah melankolis atau emosional
  • Insomnia atau susah tidur
  • Nafsu makan berubah
  • Cemas yang berlebihan
  • Tidak percaya diri
  • Payudara terasa kencang dan gatal
  • Menurunya gairah seks

 

Cara Melancarkan Haid Secara Alami

Haid merupakan darah yang keluar dari Rahim perempuan secara periodik yang dipengaruhi dengan adanya hormon. Pada umumnya secara normal haid terjadi pada setiap bulannya dimana berulang hingga 21 hari sampai 35 hari yang berlangsung selama 3 sampai 5 hari.

Ketika sedang haid ada pula masalah-masalah yang di alami oleh perempuan, salah satunya adalah haid yang tidak lancar. Sebenarnya ada banyak cara melancarkan haid. Untuk itu mari kita simak penjelasannya. Berikut cara melancarkan haid secara alami:

1.  Olahraga Teratur

cara melancarkan haid

wartakota tribunnews com

Cara melancarkan haid yang pertama adalah dengan olahraga yang teratur karena ketika kita membangun dan mengerjakan rutinitas dalam berolahraga, ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena banyak berolahraga secara teratur juga dapat membantu untuk memperlancar haid.

Olahraga yang dilakukan pun adalah olahraga yang ringan dan mudah saja seperti jalan kaki, joging, dan yoga. Dan dengan olah raga yang tepat dapat melancarkan haid sehingga haid menjadi teratur.

2.  Istirahat Cukup

Cara memperlancar haid yang kedua adalah dengan istirahat yang cukup, sebab istirahat yang cukup dapat memberikan peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh dan dapat membantu untuk menghindari stress. Sebab stress dapat menimbulkan haid yang tidak lancar.

3.  Pola Makan Sehat

cara melancarkan haid

infojakarta net

Salah satu cara melancarkan haid yang penting adalah dengan mengatur pola makan yang sehat, yakni dengan mengkonsumsi sayuran atau buah-buahan yang  kaya akan vitamin, serat, dan zat besi yang sangat berguna untuk kesehatan dan kelancaran ketika sedang haid.

4.  Makanan Pelancar Haid

Salah satu cara melancarkan haid juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan pelancar haid dengan asupan gizi, nutrisi dan vitamin yang mencukupi. Makanan tersebut yakni seperti

  • Buah-buahan

Dengan mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi dan vitamin dapat membantu untuk melancarkan haid. Salah satu buah-buahan yang dapat membantu untuk melancarkan haid yakni pepaya dan nanas.

  • Asam jawa

Asam jawa juga berguna untuk melancarkan haid, karena asam jawa berfungsi untuk mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika sedang haid.

  • Sayuran Hijau

Dengan mengkonsumsi sayuran hijau segar yang memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan vitamin serta zat besi juga dapat membantu untuk melancarkan haid.

5.  Gaya Hidup Sehat

Cara melancarkan haid selanjutnya adalah dengan gaya hidup yang sehat, sebab dengan gaya hidup sehat akan membantu untuk mendapatkan kesehatan yang prima serta dapat mengurangi masalah yang telah di hadapi.

Agar dapat memiliki gaya hidup sehat maka untuk itu usahakan untuk tidak merokok serta menghindari alkohol dan sejenisnya, mengurangi kafein dan hal lain yang dapat memicu hidup yang tidak sehat.

6.  Minum Air Putih

cara melancarkan haid

cakrawalamedia co id

Cara melancarkan haid juga dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, karena hal ini sangat membantu dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh  yang dapat melancarkan pencernaan serta menghindari dehidrasi sehingga tubuh menjadi fress kembali dan sehat. Karena tubuh yang frees dan sehat akan mempengaruhi sistem metabolisme yang dapat melancarkan proses ketika sedang haid.

7.  Jamu Tradisional

cara melancarkan haid

hellosehat com

Selain dengan memperbanyak meminum air putih ada pula cara melancarkan haid yang dipercaya oleh orang tua jaman dulu, yakni dengan meminum jamu tradisional yang terbuat dari bahan kunyit, karena kunyit juga akan melancarkan siklus haid.

Selain kunyit ada pula cara melancarkan haid dengan meminum air dari seduhan jahe dengan campuran madu, karena jahe memiliki kandungan minyak atsiri, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, sodium, fosfor, dan niasin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh sehingga bermanfaat juga untuk melancarkan haid secara alami.

8.  Cuka Apel

cara melancarkan haid

sheknows com

Minum cuka apel juga merupakan salah satu cara melancarkan haid yang tidak teratur atau tidak lancar. Cuka apel juga sangat baik bagi penderita sakit maag, sehingga jika sedang haid kita tidak perlu khawatir ketika sedang maag.

 

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang bagaimana cara melancarkan haid. Mungkin masih ada banyak cara lagi yang dapat dilakukan untuk melancarkan haid secara alami yang tidak teratur. Dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi sahabat pembaca semua.

Leave a Reply