Inilah Cara Budidaya Pisang Raja Yang Berkualitas

Budidaya Pisang Raja – Pisang merupakan tanaman buah yang sangat sering kita jumpai serta pisang juga disukai oleh banyak orang. Apalagi jika kita berada di daerah pedesaan, tanaman ini memiliki banyak jenis yang bermacam-macam. Jenis pisang yang biasanya dimakan dengan rasa yang enak tanpa harus kita olah adalah pisang raja. Dengan warnanya yang kuning saat masak, pisang ini akan membuat orang sangat tergiur untuk memakannya. Selain pisang raja, ada lagi jenis pisang yang banyak sekali disukai orang tanpa harus mengolahnya juga

netralnews.com

Inilah Cara Budidaya Pisang Raja Yang Berkualitas

Sebelum memasuki pembahasan utama kita perlu ketahui dulu macam-macam jenis pisang, yakni pisang yang sering kita jumpai baik itu dipasaran maupun di acara-acara pesta. Berikut sedikit penjelasannya.

Berbagai Macam jenis Pisang Yang Dapat Kita Jumpai Dipasar

Berikut ini berbagai macam jenis pisang yang dapat kita jumpai dipasaran sehingga sangat menguntungkan apabila dilakukan pembudidayaan.

Pisang Susu

rizkysuperfresh.blogspot.com

Pisang ini merupakan pisang yang benilai jual cukup tinggi disbanding dengan pisang yang lain karena rasanya enak dan legit seperti susu.

Pisang Mas

gedubar.com

Pisang ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan buah-buah yang lain, pisang ini memiliki tektur yang lembut dan memiliki rasa yang manis.

Pisang Ambon

warassehat.com

Pisang ini merupakan pisang yang juga memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur kulit yang halus, sehingga membuatnya cocok untuk dimakan langsung, pisang ini juga sangat bagus jika diolah menjadi kue seperti roti pisang.

Pisang Kepok

solusisehatku.com

Pisang ini biasanya sering diolah menjadi kue seperti pisang goreng.

Pisang Tanduk

pinterest.com

Pisang ini memilki rasa yang tidak enak apabila dimakan secara langsung, biasanya orang mengolahnya dengan cara dikukus atau bisa juga digoreng (pisang goreng)

Pisang Raja

delishably.com

Pisang ini sangat cocok kita olah menjadi es pisang ijo, karena memilki aroma yang harumdan memiliki rasa yang legit.

Nah, pada kali ini paluipuntik akan memberikan sedikit informasi tentang budidaya pisang raja, pisang raja memiliki banyak macamnya,Mari kita bahas…

Macam-Macam Pisang Raja

Pisang Raja Bulu

berkahkhair.com

Pisang raja bulu merupakan jenis buah pisang yang mempunyai kulit yang tebal, warnanya kulitnya akan menguning jika sudah matang serta ada bintik-bintik coklah. Selain itu, pisang raja bulu ini memiliki rasa yang manis dan legit dengan buah yang cukup besar, namun tidak besar seperti pisang tanduk

Pisang Raja Sereh

satuharapan.com

Buah pisang ini Tidak seperti buah pisang raja bulu yang memiliki rasa yang manis dan legit, melainkan pisang ini memiliki rasa yang manis namun aga sedikit asam. Kulit buah pisang ini tidaklah seperti kulit pisang raja bulu yang tebal, akan tetapi kulit pisang ini tipis. Warna kulitnya kuning kecoklatan dan apabila buah pisang ini matang maka akan terlihat adanya bintik-bintik coklat gelap.

Pisang Raja Nangka

jitunews.com

Buah pisang ini merupakan jenis pisang olahan yang mana dapat diolah menjadi pisang goreng ketika pisang ini matang, dan keripik pisang ketika pisang ini masih mantah. Pisang ini ketika masih mantah ataupun sudah matang warna kulitnya akan tetap berwarna hijau.

Pisang Raja Uli

berkahkhair.com

Jenis pisang ini sangat enak dimakan jika diolah dengan digoreng ataupun dengan dikukus. Buah pisang ini memiliki aroma yang harum dan rasanya yang manis.

Pisang Raja Udang

ciklilyputih.com

Pisang ini memiliki kandungan dan manfaat yang sangat banyak, contohnya saja untuk diet. Buah pisang ini memiliki tekstur yang halus dengan rasa yang manis dan sedikit asam. Pisang ini bisa juga dimakan secara langsung dan bisa juga menjadi bahan olahan, namun kurang cocok jika diolah menjadi pisang goreng. Buah pisang ini memiliki warna kulit yang merah keunguan.

Setelah kita menegetahuiberbagai macam jenis pisang raja mari kita simak cara budidaya pisang raja yang berkualitas.

Cara Budidaya Pisang Raja

Bagaimana cara membudidayakan pisang raja yang berkualitas agar dapat berbuah lebat?. Kita tahu bahwa buah pisang raja sangatlah disukai oleh banyak orang dikarena mempunyai rasa yang lebih manis dan enak dengan tekstur yang pulen. Selain dapat dimakan begitu saja, buah pisang ini juga dapat dijadikan sebagai jus ataupun selai. Maka tak heran jika harga buah pisang ini menjadi cukup mahal dibandingkan dengan buah-buah pisang yang lainnya.

Pemilihan Bibit Unggul Tanaman Pisang

Pembibitan pisang yang akan kita gunakan untuk budidaya haruslah berasal dari varietas yang unggul agar hasilnya nanti akan lebih terjamin. Agar lebih mudahnya kita bisa mendapatkan bibit unggul tersebut di took-toko tanaman yang terpercaya. Sedangkan jika kita ingin membibitkan pohon pisang sendiri, maka ambilah anak pisang yang berasal dari tanaman induknya dalam kondisi yang sehat, yang berbuah banyak, dan memiliki ukuran buah yang cukup besar. Pisahkan anakan yang telah berukuran setinggi kurang lebih 1-1,5 m yang mempunyai sistem perakaran lebih dari 20 cm.

Proses pemilihan bibit unggul dalam budidaya pisang raja merupakan salah satu tips yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sehingga dapat mampu menghasilkan kualitas tanaman terbaik, yang pada intinya jika kita ingin budidaya pisang raja ini memiliki hasil yang berkualitas, maka harus diusahakan pembibitannyapun kita pilih dengan buah dan batang yang terbaik pula.

Penanaman Bibit Tanaman Pisang

Anak pisang yang sudah kita pisahkan dari tanaman induk tadi, sebaiknya kita tanam sesegera mungkin. Proses ini kita lakukan dengan cara memasukkan bagian dasar dari bibit unggul tersebut ke dalam lubang penanaman, lalu kita tutup kembali dengan tanah yang ada di sekitarnya. Lalu berikan tekanan sedikit pada tanah yang kita uruk agar nanti pohon pisang dapat berdiri tegak. Namun, jika kondisi cuacanya sedang buruk, kita dapat memasangkan penyangga dari bambu agar dapat menahan posisi pohon pisang sehingga tidak rubuh apabila diterpa angin.

Agar dapat menghasilkan hasil panen yang baik, maka tanman pisang juga harus mendapatkan nutrisi yang baik pula, jadi saat kita akan menanamnya diusahakan apabila menjelang musim hujan supaya kadar airnya dikontrol sehingga tercukupi. Selain itu, pada saat penanamnya, lubang pohon yang telah kita gali hendaknya diberi pupuk kompos dengan takaran yang sesuai. Pemberian pupuk ini sangatlah penting karena hal ini akan berpengaruh pada rasa dan ukuran dari pisang raja yang akan dihasilkan.

Pemelihara Tanaman Pisang

Agar dapat menghasikan kualitas terbaik adalah dengan merawat pisang agar terhindar dari hama dan penyakit, serta berbagai macam halangan yang ada. Pemeliharaan ini sering menjadi kendala bagi para petani untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

Sebenarnya Tanaman pisang dalam pemeliharaannya tidaklah terlalu rumit. Bahkan tanaman pisang tetap dapat tumbuh dengan baik meskipun tanpa pemeliharaan sama sekali asalkan kebutuhan air dan nutrisinya tercukupi. Namun, agar pisang dapat dipelihara dan dirawat dengan baik, sehingga dapat menghasilkan hasil yang maksimal, kita dapat menggunakan cara dengan memastikan tidak ada rumput yang tumbuh di sekitar tanaman pisang. Kita dapat membersihkan rumpur-rumput tersebut dengan menggunakan sabit yang bisa kita lakukan selama kurang lebih 2 minggu sekali apabila rumput disekitar pohon pisang mulai tebal. Rumput-rumput yang kita bersihkan dari pohon pisang ini pun nantinya dapat kita olah menjadi pupuk kompos yang dapat kita gunakan untuk tanaman pisang tersebut.

Pemupukan susulan juga harus selalu diperhatikan agar dapat memastikan pohon pisang yang akan kita budidayakan dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkannya. Pastikan pula tanaman pisang ini tidak terkena serangan hama atau penyakit lainnya. Serta batasi jumlah anakan yang dihasilkan oleh setiap tanaman induk agar nantinya pertumbuhan terpusat pada pembentukan buah.

panoramio.com

Semoga artikel tentang cara budidaya pisang raja yang berkualitas memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat semua dalam melakukan budidaya pisang dan menjadikannya bisnis yang berpenghasilan.

Leave a Reply