Belajar Tajwid Mudah Dan Cepat Bagi Pemula Beserta Contoh Bacaannya

Belajar tajwid mudah – Dalam membaca dan memahami Al Qur’an, belajar tajwid merupakan suatu hal yang penting sehingga kita dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dengan mempelajari dan memahami tajwid. Ilmu Tajwid merupakan salah satu ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang cara dalam mengucapkan huruf-huruf hijaiyah dengan baik dan benar, baik itu bacaan yang terdapat dalam Al Qur’an maupun bacaan lain yang berbahasa arab.

pak101.com

Belajar Tajwid Mudah Dan Cepat Bagi Pemula Beserta Contoh Bacaannya

Pada kali ini palui puntik akan memberikan sedikit penjelasan tentang belajar tajwid mudah nagi pemula dengan baik dan benar, semoga nantinya dapat memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat pembaca dan semoga kita dapat mempraktekkannya serta mengamalkannya.

Di anjurkan bagi selurut umat muslim untuk mempelajari hukum bacaan tajwid, belajar tajwid sangatlah berguna agar dapat menghindari kesalahan dalam membaca ayat-ayat Al Qur’an. Kesalahan dalam membaca ayat Al Qur’an akan mengarah kepada kesalahan arti dan makna dari ayat-ayat juga. Untuk itu mari kita belajar tajwid mudah serta mempraktekkannya langsung setelah kita mengetahuinya.

Hukum Bacaan Izhar

Dalam ilmu tajwid hukum bacaan izhar terbagi dua, yakni Izhar Halqi, dan Izhar Syafawi.

Hukum Bacaan Izhar Halqi

Izhar halqi merupakan bacaan tajwid yng berupa nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf-huruf izhar halqi yakni, alif, ha, kho, ‘ain, ghoin, dan HA yang mana cara membacanya adalah dibaca jelas, tidak berdengung dan tidak samar.

Conto bacaan Izhar Halqi:

kitabalquran.com

Hukum Bacaan Izhar Syafawi

Izhar syafawi merupakan hukum bacaan yang terjadi jika mim sukun bertemu dengan salah satu huruf-huruf hijaiyyah selain mim dan ba yang mana cara membacanya adalah jelas dengan bibir sambil ditutup, tanpa didengung

Contoh Bacaan Izhar Syafawi

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Ikhfa

Dalam ilmu tajwid hukum bacaan ikhfa terbagi dua, yakni Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi

Hukum Bacaan Ikhfa Haqiqi

Ikhfa haqiqi merupakan hukum bacaan yang terjadi jika nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu huruf ikhfa yakni, ta, tsa, jim, dhal, dzal, zai, sin, syin, shot, dhot, tho, dzho, faa, qaf, kaf,  yang dibaca dengan samar-samar.

Contoh bacaan ikhfa haqiqi:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi merupakan hukum bacaan yang terjadi apabila mim mati bertemu dengan ba ب. Yang dibaca dengan cara samar serta didengkungkan.

Contoh bacaan ikhfa syafawi

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham

Dalam ilmu tajwid hukum bacaan idgham terbagi ada

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah

Idgham bighunnah merupakan hukum bacaan yang terjadi jika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan salah huruf idgham yakni nun (ن), mim (م), wawu (و) dan ya’ (ي) yang dibaca dengan cara melebur dan disertai dengungan dengungan

Contoh bacaan idgham bighunnah:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham Bilaghunnah

Idgham Bilaghunnah merupakan hukum bacaan yang terjadi jika ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf lam dan ra yang dibaca dengan cara melebur tanpa disertai dengung.

Contoh bacaan idgham bilaghunnah:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham Mutaqaribain

Idgham muttaqariban merupakan hukum bacaan yang terjadi apabila bertemunya huruf yang makhrajnya hampir sama, namun sifatnya berbeda, yaitu seperti pada huruf Qaf bertemu Kaf. Dengan cara membacanya langsung menuju pada huruf kedua.

Contoh bacaan idgham mutaqaribain:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham Mutajanisain

Idgham mutajanisain merupakan bacaan yang terjadi apabila bertemunya dua huruf yang berbeda, tetapi makhrajnya sama, namun sifatnya tidak sama. Yakni seperti pada hurufTa bertemu tha, serta dzal bertemu zha.

Contoh bacaan idgham mutajanisain:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham Mutamatsilain

Idgham mutamatsilain merupakan bacaan yang terjadi apabila bertemunya huruf bersukun dengan huruf yang sama yang berharokat. Yakni seperti huruf dal mati bertemu dal, ba mati bertemu ba serta lam mati dengan lam.

Contoh bacaan idgham mutamatsilain:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Idgham Mislain atau idgham mimi

Idgham mislain atau yang lebih dikenal dengan idgham mimi merupakan bacaan yang terjadi apabila bertemunya mim mati dengan mim dengan cara melafalkan bacaannya tersebut dengan mendengung.

Contoh bacaan Idgham mislain atau idgham mimi:

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Iqlab

Iqlab merupakan hukum bacaan Alqur’an yang terjadi apabila bertemunya nun mati atau tanwin dengan satu huruf saja yakni huruf  ba’ (ب) dengan cara merapatkan bibir sehingga nun mati atau tanwin tidak lagi dibaca melainkan berubah dan berbunyi menjadi huruf mim yang disertai dengan dengungan.

Contoh bacaan iqlab

quran-terjemah.org

Hukum Bacaan Qalqalah

Qalqalah merupakan hukum bacaan yang dibaca secara memantul, huruf-huruf qalqalah melipiti Ba Jim, Dhal, Tha, Qaf, biasanya untuk lebih mudah dalam mengingat huruf Qalqalah ini orang-orang melafalkannya BaJu Dhi ThoQo.

Hukum bacaan Qalqalah terbagi menjadi dua yakni Qalqalah Sugura atau Qalqalah kecil dan Qalqalah Kubra atau Qalqalah besar

Hukum Bacaan Qalqalah Sughro atau Qalqalah Kecil

Qalqalah sughro merupakan bacaan yang terjadi apabila salah satu huruf qalqalah tersebut berbaris mati karena sukun, tidak karena waqaf yang dibaca juga dengan memantul dan jelas..

Contoh bacaan Qalqalah sughro:

aminarahma13.blogspot.com

Hukum Bacaan Qalqalah Kubra atau Qalqalah Besar

Bacaan qalqalah kubra merupakan bacaan yang terjadi apabila salah satu huruf qalqalah dimatikan karena adanya waqaf atau berhenti dan huruf qalqalah ini juga terletak pada akhir ayat yang dibacanya pun dengan cara memantul dan jelas.

Contoh bacaan Qalqalah Kubra:

tausyiahaditya.blogspot.com

Mungkin ini saja pembahasan tentang belajar tajwid mudah, ada masih banyak lagi hukum-hukum bacaan dalam membaca ayat-ayat al qur’an, seperti hukum bacaan Mad, hukum bacaan Lam, dan lainnya, dan disarankan belajar tawjid alangkah baiknya belajar dengan seorang guru atau ustadz yang menguasai ilmu tajwid, sehingga kita tahu bagaimana cara pengucapannya langsung agar belajar tajwid mudah dan tidak keliru dan terhindar dari kesalahan.

Mohon masukannya apabila ada kesalahan. Terimakasih.

Leave a Reply