Inilah Bacaan Ayat Seribu Dinar Serta Hikmah Yang Terdapat Di Dalamnya

Ayat Seribu Dinar – Pada dasar ayat ini memang dengan terang-terangan menjelaskan tentang keterkaitan antara rezeki dan pertolongan Allah Swt bagi orang yang bertakwa. Nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan penjelasan sedikit mengenai Bacaan, Hikmah serta Manfaat yang terkandung didalam ayat 1000 dinar yang dapat kita amalkan dalam keseharian kita.

Ayat Seribu Dinar Serta Hikmah Yang Terdapat Di Dalamnya

Ayat seribu dinar merupakan suatu ayat yang ada di dalam Al Qur’an yakni yang terdapat pada surat Ath Thalaq ayat 2-3,  dimana pada ayat tersebut mengandung penjelasan tentang pelajaran yang mengenai takwa kepada Allah Swt.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah Swt berjanji akan memberikan jalan keluar dari setiap cobaan dan Allah berjanji akan menambahkan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka, semua itu ditujukan untuk mereka yang bertakwa kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, ayat seribu dinar ini sering dijadikan oleh sebagian umat islam sebagai wasilah yang bertujuan untuk mempermudah datangnya rezeki sehingga dapat membuka pintu dan menarik rezeki dari segala penjuru.

Ayat Seribu Dinar

ayat seribu dinar

Secara ringkas ada 3 hal yang Allah Swt janjikan lewat ayat seribu dinar tersebut, yakni rezeki, keselamatan, dan kemudahan.

  • Rezeki

Rezeki yang dimaksud bukan hanya sebatas materi yang identik dengan harta kekayaan, namun pada hakekatnya segala bentuk apa saja yang diberikan oleh Allah Swt kepada manusia adalah rezeki, seperti kesehatan, ilmu yang bermanfaat, teman yang baik, dan lain sebagainnya.

  • Keselamatan

Keselamatan yang dimaksud adalah diringankannya beban ketika menghadapi suatu musibah yang mana musibah tersebut merupakan sesuatu hal kejadian yang tidak diinginkan oleh manusia, seperti halnya kecelakaan, bencana alam dan segala macam bala dan musibah lainnya.

  • Kemudahan

Kemudahan yang dimaksud adalah terselesaikannya segala suatu masalah dan dimudahkannya serta dilancarkannya segala urusan.

Bacaan Ayat Seribu Dinar

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

“WA MAN YATTAQILLAAHA YAJ’AL LAHUU MAKHROJAN. WA YARZUQHU MIN HAITSU LAA YAHTASIBU,WA MAN YATAWAKKAL’ALALLAAHI FAHUWA HASBUHUU,INNALLAAHA BAALIGHU AMRIHII,QAD JA’ALALLAAHU LIKULLI SYAI IN QADRAN”

…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS Ath-Thalaq : 2-3)

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar

  • Bisa diamalkan dengan membacanya 3 kali pada tiap-tiap setelah selesai sholat fardhu.
  • Bisa juga diamalkan pada tiap harinya dibaca 1000 kali, yang dapat dikerjakan dengan membacanya 200 kali setiap selesai sholat fardhu (setelah sholat isya membaca 200 kali, setelah sholat subuh membaca 200 kali, setelah sholat dzuhur membaca 200 kali, setelah sholat ashar membaca 200 kali, dan setelah sholat maghrib membaca 200 kali) , sehingga dalam sehari dapat mencapai total 1000 kali bacaan.

Caranya sebagai berikut:

  1. Membaca surah Al Fatihah pada malam pertama setiap masing-masing bulan hijriyah sebanyak 1000 kali bacaan.
  2. Membaca surah Al Maidah ayat 114.
  3. Membaca ayat seribu dinar yang dibaca sebanyak 21 kali bacaan.
  4. Membaca asma Allah

Setelah itu maka setiap harinya membaca ayat seribu dinar sebanyak 1000 kali bacaan, Bacalah dengan hati yang ikhlas serta dengan meresapi dan memahami maknanya, setelah itu berdoa kepada Allah Swt sesuai hajat yang dikehendaki.

Hikmah Ayat Seribu Dinar

  • Akan memperoleh kemurahan rezeki yang tidak disangka-sangka.
  • Akan mendapatkan jalan keluar dari setiap masalah dan kesulitan.
  • Akan mendapatkan perlindungan dari segala macam bala dan musibah serta kezaliman.
  • Akal akan menunaikan segala hajat serta memberikan kemudahan dari segala urusan.
  • Akan mendapatkan perlindungan ketika dalam peperangan, dalam artian ketika berperang InsyaAllah tidak akan cidera atau terluka dan binasa kecuali telah sampai ajalnya.

Ayat seribu dinar ini lebih dikenal sebagai amalan yang masyhur dan manjur dari berbagai macam permasalahan seperti halnya rezeki dan perlindungan. Sehingga tidak sedikit orang atau kalangan umat muslim yang mengamalkan ayat ini dengan maksud memohon kepada Allah agar dapat dikaruniai rezeki yang berlimpah serta keringanan dan kemudahan dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi setiap harinya.

Mengamalkan ayat seribu dinar ini sebaiknya diamalkan dengan hati yang tulus, dengan 2 kunci untuk mencapai kesuksesan yakni takwa (menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya), dan tawakal (berserah diri kepada Allah Swt dengan apa yang didapatkan atau dihasilkan nantinya dari segala usaha yang telah kita lakukan, karena segala sesuatu yang diberikan oleh Allah Swt itulah yang terbaik), serta diamalkan dengan cara yang istiqomah.

ayat seribu dinar

azzlam com

Nah, itulah tadi sedikit pemaparan serta penjelasan mengenai ayat seribu dinar, semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian serta semoga kita dapat senantiasa mengamalkan suatu amalan yang baik bagi diri kita yang berguna untuk kepentingan dunia dan akhirat.

Leave a Reply