15 Adab Terhadap Orang Tua Yang Wajib Dilakukan

Adab Terhadap Orang Tua – Jaman sekarang sudah banyak anak-anak yang telah berani terhadap orang tuanya, hal ini disebabkan karena kurangnya didikan serta pengajaran adab kepada mereka sehingga menjadikan mereka berani dan tidak beradab terhadap orang tua.

Nah, pada kesempatan kali ini paluipuntik akan memberikan beberapa penjelasan tentang adab terhadap orang tua yang semoga ini menjadikan kita lebih tahu bagaimana cara menghormati orang tua dengan adab yang dapat membuat mereka senang dan merasa bangga memiliki anak yang baik terhadap mereka.

adab terhadap orang tua

cyberdakwah com

Inilah Adab Terhadap Orang Tua

Sebagai seorang muslim dan sebagai anak tentunya kita mengetahui apa saja hak dari kedua orang tua yang mana kita haruslah berbakti terhadap mereka dengan berbuat baik. Hal ini telah dijelaskan dalam Firman Allah Swt dalam Al Quran:

“Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu dan bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra’: 23)

Berikut adab terhadap orang tua yang perlu kita lakukan terhadap mereka:

1.  Memuliakan Orang Tua

Adab terhadap orang tua yang paling utama serta sangat penting adalah memuliakan orang tua, yakni mendahulukan kepentingan mereka sebelum mereka meminta. Serta dengan menjunjung tinggi peran mereka dalam hidup kita dengan cara selalu mendo’akan mereka serta berbakti kepada mereka.

2.  Sopan Santun Ketika Berbicara

Adab terhadap orang tua yang harus dilakukan ialah sopan santun dalam berbicara karena berbicara dengan orang tua merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan, dengan berbicara sopan serta dengan ucapan yang mulia yang dapat menyenangkan mereka serta menjadikan mereka merasa dihargai. Jangan pernah membantah mereka karena hal tersebut dapat menyakiti hati mereka. Gunakanlah kata-kata santun serta sopan dalam berbicara kepada orang tua.

3.  Taat Kepada Orang Tua

Adab terhadap orang tua selanjutnya yaitu taat kepadanya dengan selalu menuruti perkataan orang tua yang sesuai dengan ajaran agama, karena orang tua akan selalu memberikan nasehat dengan menginginkan kebaikan kepada anaknya, sehingga dengan menuruti perkataan mereka tersebut kita sebagai anak akan membuatnya merasa bahagia. Akan tetapi jangan pula taat kepada orang tua ketika ia mengatakan perkataan yang mengarah kepada jalan kemaksiatan.

4.  Bersikap Dengan Lemah Lembut

Bersikap lemah lembut terhadap orang tua merupakan adab terhadap orang tua yang juga perlu dilakukan. Jangan bersikap sinis dan kasar terhadap mereka walaupun mereka melakukan suatu kesalahan terhadap kita. Perlakukanlah mereka dengan lemah lembut karena seperti itulah cara kita untuk dapat menghargai mereka.

5.  Menjaga Nama Baik Orang Tua

Kita sebagai anak, adab terhadap orang tua yang baik yakni dengan menjaga nama baik orang tua, dengan tingkah laku dan adab kita yang baik sehingga kita dapat membuktikan bahwa didikan mereka terhadap kita tidak sia-sia, jangan sesekali menjelekkan nama orang tua dalam artian setiap hal yang kita lakukan ialah hal yang menyebabkan mereka sedih dan dipandang orang sekitar jelek.

6.  Meringankan Beban Orang Tua

Meringankan beban orang tua juga merupakan adab terhadap orang tua yang dapat kita lakukan dengan cara membantu mereka kapanpun dengan segala apa yang kita lakukan yang diperlukan oleh mereka tanpa diminta terlebih dahulu. Misalnya membantu mereka dalam pekerjaan rumah, dan lain sebagainya yang dapat membuat mereka senang dan bangga terhadap kita.

Ketika kita sudah bekerja serta memiliki kecukupan dalam soal harta kita juga dapat memberikan rezeki kita atau nafkah kepada orang tua, dengan hal seperti ini kita juga dapat meringankan beban hidup mereka. Karena memberi nafkah kepada mereka memang sudah sewajarnya kita lakukan jika kita sudah mampu.

7.  Jangan Berbohong

Adab terhadap orang tua yang perlu kita jaga ialah jangan sekali-kali untuk berbohong kepada mereka, sebab berbohong merupakan dosa yang Allah Swt pun tidak menyukai hal tersebut sehingga dapat menghantarkan ke dalam neraka. Jangankan berbohong kepada orang tua, berbohong dengan orang lainpun juga tidak boleh. Orang tua sudah sangat berusaha untuk mendidik anaknya untuk baik, salah satu diantaranya ialah mereka selalu mengajarkan kepada kita untuk tidak berbohong. Oleh karena itu usahakanlah untuk jujur, karena jujur merupakan suatu sifat yang terpuji yang disukai oleh Allah Swt.

8.  Adab Ketika Duduk

Adab terhadap orang tua berikutnya adalah ketika kita duduk janganlah mengambil posisi tempat duduk yang lebih tinggi dari pada orang tua, karena hal tersebut sangatlah tidak sopan dan merupakan sesuatu perlakuan yang tidak hormat kepada orang tua. Usahakan ketika duduk, dahulukan orang tua kita yang terlebih dahulu untuk duduk, dan jangan sekali-kali kita duduk terlebih dahulu dan membiarkan mereka berdiri.

9.  Meminta Sesuatu Dengan Halus dan Sopan

Meminta sesuatu yang kita inginkan usahakan dengan cara dan perkataan yang halus, sopan dan lemah lembut, jika orang tua belum mampu untuk memenuhi apa yang kita minta janganlah kita memaksa mereka untuk memenuhi keinginan kita, dan jangan pula marah terhadap mereka, sebab hal tersebut dapat menimbulkan sakit hati mereka yang bisa jadi menjadikan kita anak yang durhaka. Hal ini juga merupakan suatu adap terhadap orang tua yang juga perlu kita lakukan.

10. Bersikap Rendah Hati

Adab terhadap orang tua selanjutnya adalah rendah hati. Ketika kita telah mencapai suatu kesuksesan, jangan lupa bahwa ada peran orang tua di dalamnya, sebab dengan didikan, nasehat, dan bimbingan serta berkat doa mereka lah yang mengantarkan kita sehingga menjadi sukses. Jangan sampai kita menjadi tinggi hati dan terlena dengan kesuksesan yang menyebabkan sifat sombong kepada orang tua sehingga kita lupa dengan orang tua.

11. Adab Ketika Dipanggil Orang Tua

Ketika kita sebagai anak dipanggil oleh orang tua maka segeralah untuk memenuhi panggilan mereka dan jangan sekali-kali untuk menunda apa lagi tidak memenuhinya. Karena mereka sudah berupaya untuk menjadi orang tua yang baik terhadap anaknya, oleh sebab itu maka kita pun harus membalasnya dengan menjadi anak yang baik terhadap mereka. Karena hal ini merupakan adab terhadap orang tua.

12. Adab Ketika Memanggil Orang Tua

Adapun adab terhadap orang tua yakni ketika kita yang memanggil mereka, panggil lah mereka dengan lemah lembut serta sopan yang dapat memberikan kesenangan terhadap mereka, seperti memanggil mereka ketika kita sekolah dan mendapatkan nilai yang sangat bagus, karena hal ini dapat memberikan kesenangan terhadap mereka dan mereka pun bangga dengan kita.

13. Menyambut Orang Tua

Biasanya bari anak perantauan (menuntut ilmu dan bekerja) yang jauh dari orang tua tentulah diantaranya memiliki rasa rindu ingin bertemu, ketika orang tua datang untuk menjenguk dan menemui kita maka bersegeralah untuk menyambut kedatangan mereka. Karena hal ini juga merupakan suatu adab terhadap orang tua yang mana dapat memberikan rasa senang bagi mereka atas apa yang kita lakukan terhadapnya.

14. Mencium Tangan

adab terhadap orang tua

asshidiqaqiqah com

Mencium tangan kedua orang tua ketika bersalaman merupakan adab terhadap orang tua yang mana dalam hal ini menunjukkan rasa hormat kita terhadap mereka dan dapat menyenangkan hati mereka serta dapat membuat mereka bangga.

15. Adab Ketika Orang Tua Meninggal

Salah satu adab terhadap orang tua yang terakhir adalah ketika orang tua meninggal dunia, caranya adalah seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Saw:

“Wahai Rasulullah, apakah masih tersisa sesuatu bentuk baktiku kepada kedua orang tuaku yang bisa aku wujudkan setelah mereka berdua meninggal dunia?” Beliau menjawab, ‘Ya, (yaitu) mendoakan mereka berdua, memohonkan ampunan bagi mereka berdua, melaksanakan janji (wasiat) mereka berdua setelah mereka meninggal, menyambung tali silaturahmi yang tidak bisa disambung kecuali dengan (sebab hubungan) mereka berdua dan memuliakan teman mereka berdua.” (HR. Abu Dawud)

Nah itulah tadi penjelasan mengenai adab terhadap orang tua, masih ada banyak adab kepada orang tua yang perlu kita lakukan terhadap mereka, yang jelas pada intinya kita harus berbuat baik serta berbakti kepada mereka yang menjadikan mereka senang serta bangga terhadap kita yang sebagai anaknya.

Adapun doa untuk kedua orang tua, yakni sebagai berikut:

Doa Untuk Kedua Orang Tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

ALLOOHUMMAGHFIRLII WALIWAALIDAYYA WARHAM HUMMA KAMAA RABBAYAA NII SHAGHIIRAA

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”

 

adab terhadap orang tua

bersamadakwah net

Semoga artikel ini memberikan manfaat kepada sahabat pembaca sekalian, dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan

“Indahnya Berbagi Manfaat Kebaikan”

Leave a Reply