Inilah Adab Menuntut Ilmu Yang Harus Dilakukan Bagi Seorang Murid

Adab Menuntut Ilmu – Seorang penuntut ilmu haruslah dapat menghiasi dirinya dengan adab serta akhlak yang mulia sehingga dapat menerapkan serta mengamalkan ilmunya dengan memiliki adab serta akhlak juga.

Nah pada kali ini paluipuntik akan memberikan penjelasan tentang adab menuntut ilmu, karena memiliki adab menuntut ilmu sangat lah penting untuk dimiliki oleh seorang murid.

adab menuntut ilmu

sunhouse.co.id

Adab Menuntut Ilmu Yang Harus Dilakukan Bagi Seorang Murid

Bagi seorang murid dalam menuntut ilmu haruslah memiliki adab-adab menuntut ilmu, dimana adab-adab tersebut akan menuntunnya untuk menerima dan mendapatkan keberkahan dari ilmu yang diterimanya.

Banyak akhir-akhir ini seorang murid tidak memiliki adab menuntut ilmu, salah satunya ialah adab terhadap gurunya, akibatnya dapat kita lihat kejadian-kejadian yang terjadi sekarang ini. Salah satunya rusaknya mental seorang murid yang disebabkan karena berani dengan seorang guru.

Oleh sebab itu memiliki adab menuntut ilmu sangat lah penting bagi seorang murid yang ingin mencari ilmu. Berikut adab menuntut ilmu:

Adab Murid Kepada Allah Swt

adab menuntut ilmu

radarbangka.co.id

Salah satu hal dalam adab menuntut ilmu hendaknya kita memiliki adab kepada Allah Swt. Berikut adab murid kepada Allah Swt:

1.  Mengikhlaskan Niat Karena Allah Swt

Dalam menuntut ilmu adab yang paling utama bagi seorang murid ialah ikhlas, dalam artian seorang murid haruslah memiliki niat yang ikhlas untuk mencari ilmu semata-mata untuk mengharap ridho dari Allah Swt, bukan untuk dipuji.

Apabila dalam menuntut ilmu kita niatkan karena menjalankan perintah Allah, maka apa yang kita kerjakan dalam kegiatan belajar akan bernilai ibadah, begitu pun sebaliknya. Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa yang menuntut ilmu syar’i yang semestinya ia lakukan untuk mencari wajah Allah dengan ikhlas, namun ia tidak melakukannya melainkan untuk mencari keuntungan duniawi, maka ia tidak akan mendapat harumnya aroma surga pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

2.  Takut Kepada Allah Swt

Semakin kita belajar dan menuntut ilmu yang tujuannya untuk mengenal Allah Swt. Semakin kita mengenal Allah Swt, maka kita harusnya juga akan semakin dekat dengan Allah Swt sehingga membuat kita akan memiliki rasa takut kepada Allah Swt. Rasa takut tersebut salah satunya takut jika yang kita kerjakan dalam menuntut ilmu tidak mendapatkan ridho dari Allah Swt.

Allah Swt Berfirman

“Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para Ulama.” (QS Al Fathir: 28)

3.  Tidak Menentang Hukum Allah Swt

Sebagai orang beriman yang menuntut ilmu dilarang keras untuk menentang hukum yang ditetapkan oleh Allah Swt dan RasulNya, atau mendahului ketetapan yang telah ditetapkan oleh Allah Swt dan RasulNya.

Sebagai penuntut ilmu hendaknya kita dapat menjalankan segala apa-apa yang diperintahkanNya dan menjauhi segala apa-apa yang dilarangNya. Sehingga dalam menuntut ilmu didasari dengan niat karena Allah Swt yang menimbulkan rasa takut kita untuk tidak menentang hukum Allah Swt agar kita dapat mencapai Ridho Allah Swt dalam Menuntut Ilmu.

4.  Selalu Berdo’a

Adab menuntut ilmu yang harus dilakukan di diamalkan bagi seorang murid ialah selalu berdoa kepada Allah Swt agar ilmu yang didapat berkah. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Saw  yang mana beliau sering berdo’a kepada Allah untuk memohon ilmu yang bermanfaat. Berikut do’anya:

Doa Menuntut Ilmu

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً, وَرِزْقاً طَيِّباً, وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima.”  (HR. Ibnu Majah)

 

Adab Murid Kepada Guru

adab menuntut ilmu

hidayatullah.com

Salah satu adab menuntut ilmu yang paling utama setelah adab murid kepada Allah Swt ialah adab murid kepada guru, karena merupakan salah satu hal yang paling penting yang akan memudahkan kita dalam memahami ilmu yang kita terima oleh guru serta menjadikan ilmu tersebut berkah dan bermanfaat.

Berikut beberapa adab seorang murid kepada guru

  • Seorang murid haruslah menghormati gurunya.
  • Ketika bertemu dengan guru maka hendaknya seorang murid mengucapkan salam,karena hal ini akan membuat seorang guru senang dan bangga terhadap muridnya.
  • Sebelum guru datang untuk memberikan pelajaran atau ilmu hendaknya seorang murid mempersiapkan tempat duduk untuk gurunya tersebut.
  • Seorang murid hendaknya menundukkan kepala ketika duduk dihadapan gurunya.
  • Ketika guru menjelaskan hendaknya seorang murid memperhatikan apa-apa yang disampaikan oleh gurunya dan hendaknya tidak menoleh noleh ke belakang, serta  mencatatnya untuk mengikat suatu ilmu agar tidak mudah hilang.
  • Janganlah bertanya ketika guru sedang kelelahan dan janganlah bertanya kepada guru tentang ilmu yang bukan bidang atau keahliannya.
  • Seorang murid hendaknya selalu berperasangka baik terhadap gurunya.
  • Sebagai seorang murid janganlah menyakiti hati gurunya, karena jika menyakiti hati seorang guru maka ilmu yang didapat tidak akan berkah. Oleh karena itu jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan guru marah yang menyebabkan guru sakit hati.
  • Sebagai murid hendaknya mematuhi apa yang diperintahkan oleh gurunya, akan tetapi patuhilah perintah yang tidak bertentangan dengan perintah agama.

Ada banyak lagi bentuk-bentuk adab bagi seorang murid terhadap gurunya yang haruslah kita terapkan dalam menuntut ilmu sehingga ilmu yang kita dapatkan dari seorang guru berkah dan memberi banyak manfaat.

 

Adab Murid kepada Dirinya

adab menuntut ilmu

abanaonline.com

Dalam mencari ilmu haruslah dengan kesungguhan dengan tidak boleh bermalas-malasan. Adab seorang murid terhadap dirinya yakni:

1.  Menjauhi Dosa

Menjauhi dosa merupakan salah satu adab menuntut ilmu yang mana seorang murid senantiasa menjauhi segala maksiat atau hal lain yang bersifat dan menimbulkan dosa. Hal ini dikarenakan terhalangnya ilmu yang diberikan oleh seorang guru hanya karena banyak melakukan perbuatan dosa atau maksiat.

Sebab ilmu merupakan cahaya yang menyinari hati, sedangkan maksiat merupakan pemadam cahaya tersebut. Oleh karena itu dalam menuntut ilmu hendaknya kita juga dapat menjauhi segala perbuatan atau hal-hal lainnya yang menimbulkan dosa.

2.  Tidak Sombong Dan Tidak Malu

Adam menuntut ilmu bagi seorang murid terhadap dirinya ialah tidak sombong dan tidak malu dalam menuntut ilmu, hal ini dikarenakan apabila seorang murid merasa sombong dan malu dalam menuntut ilmu maka hal itu akan menghalangi semangatnya dalam mencari ilmu. Seorang mujahid mengatakan bahwa “Orang yang malu dan sombong tidak akan mau mempelajari ilmu.”

3.  Memiliki Cita-cita Tinggi

Perkara yang penting bagi seorang murid dalam adab menuntut ilmu ialah memiliki cita-cita yang tinggi. Setiap murid haruslah memiliki tujuan dan cita-cita yang tinggi, karena hal tersebut akan menjadikannya tetap sabar yang menjadikannya semangat ketika mengalami masa-masa sulit dalam menuntut ilmu.

Salah satu tujuan dalam menuntut ilmu ialah agar dapat memperbaiki diri dengan mensyukuri nikmat yang Allah Swt berikan yakni berupa akal yang digunakan untuk belajar serta memahami ilmu, yang kemudian mengamalkannya dengan menegakkan perintah agama yakni dengan menjalankan segala perintahNya dan menjauhi segala yang dilarangNya, melaksanakan hukum yang ditentukanNya dan menyebarkannya untuk membagikan ilmu yang di dapat.

4.  Bersabar

Adab menuntut ilmu bagi seorang murid untuk dirinya hendaknya terus selalu bersabar, dalam artian tidak berputus asa dan haruslah bersemangat dengan kesungguhan dan usaha yang terus menerus dalam menuntut ilmu.

Terkadang dalam menuntut ilmu kita sering mengalami ketidak fahaman yang menimbulkan kita kesulitan dalam memahami ilmu yang didapat. Dalam hal ini kita haruslah bersabar dengan kembali meluruskan niat yang benar dalam menuntut ilmu.

5.  Mengamalkan Ilmu

Mengamalkan ilmu merupakan adab menuntut ilmu yang paling utama, karena setiap ilmu yang didapatkan yang mendatangkan manfaat jika tidak diamalkan serasa percuma saja. Jadi, jika kita telah mendapatkan ilmu maka alangkah lebih baiknya juga kita amalkan ilmu tersebut.

adab menuntut ilmu

greaterkashmir.com

 

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai adab menuntut ilmu, sebenarnya ada banyak adab ketika kita menuntut ilmu, asalkan adab tersebut sesuai dengan aturan dan hukum-hukum agama. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi sahabat pembaca sekalian, serta semoga senantiasa kita selalu memiliki adab menuntut ilmu  yang benar.

Leave a Reply