7 Langkah Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Serta Manfaatnya

7 Langkah Cuci Tangan – Menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang sangat penting agar terhindar dari berbagai kuman dan bakteri yang menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah menjaga kebersihan tangan.

Nah, pada kali ini paluipuntik akan memberikan penjelasan mengenai cara mencuci tangan agar tangan tetap terjaga kebersihannya, yakni dengan menerapkan 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar. Berikut penjelasannya.

7 Langkah Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Serta Manfaatnya

Mencuci tangan adalah suatu kegiatan yang memang sering diabaikan oleh banyak orang karena dianggap suatu pekerjaan yang sepele untuk dilakukan. padahal mencuci tangan memang suatu pekerjaan yang sepele untuk dilakukan namun mencuci tangan memiliki manfaat yang sangatlah besar terhadap kesehatan.

Perlu diketahui tangan merupakan salah satu tempat atau sarang dari berbagai macam kuman dan bakteri penyakit. Yang mana dengan tangan kita memegang sesuatu dan dengan tangan kita makan, ketika kita mengambil makanan tanpa membersihkan dengan mencuci tangan terlebih dahulu maka dari situlah kuman dan bakteri penyakit akan masuk kedalam tubuh.

Mencuci tangan haruslah dilakukan dengan cara dan langkah yang benar, bukan hanya sekedar mencuci dengan mengguyurkan air ke tangan saja, karena ini masih menyisakan kuman dan bakteri pada tangan,. Jadi perlu dilakukan dengan langkah-langkah yang benar seperti 7 langkah cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun.

7 langkah cuci tangan merupakan suatu cara mencuci tangan dengan menggunakan air yang bersih serta sabun guna untuk membersihkan tangan serta jari-jari dan kuku dari segala macam kotoran agar terhindar dari berbagai macam kuman dan penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan haruslah menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan, baik itu dilakukan ketika selesai bermain diluar atau didalam rumah, setelah membuang sampah, setelah dari toilet, sebelum dan sesudah makan, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan dari segala kotoran yang yang melekat pada tangan dengan menggunakan sabun dan air yang bersih, serta gunakan tisu atau handuk untuk mengeringkannya..

Air bersih yang harus digunakan dalam 7 langkah cuci tangan ialah air yang mengalir seperti air kran, serta sabun yang dapat digunakan untuk mencuci tangan adalah sabun yang memiliki antiseptik atau pun bisa juga dengan sabun biasa seperti sabun mandi baik itu sabun cair atau pun sabun batangan. Akan tetapi dianjurkan untuk menggunakan sabun antiseptik, karena sabun antiseptik memiliki kandungan zat bakteri umum seperti triklosan.

Penyakit Yang Timbul Akibat Tidak Mencuci Tangan

Berbagai aktifitas pastilah dilakukan oleh semua orang  yang mengakibatkan tangan menjadi kotor, sehingga tangan menjadi salah satu tempat berkumpul dan berkembang biaknya penyakit. Ada berbagai macam penyakit yang timbul akibat tidak mencuci tangan setelah beraktifitas, antara lain:

  • Flu dan pilek
  • Diare dan gangguan usus
  • Terinfeksi bakteri E.coli
  • Penyakit kulit
  • Meningitis
  • Hepatitis A, C atau gangguan hati
  • Penyakit cairan tubuh

Nah, jadi jangan sepelekan dan jangan malas untuk mencuci tangan ketika sebelum dan sesudah melakukan berbagai macam aktifitas.

Waktu Untuk Mencuci Tangan

  • Sebelum dan sesudah memasak
  • Sebelum dan sesudah makan
  • Membersihkan rumah serta mengosongkan tempat sampah
  • Sesudah buang air kecil atau besar
  • Setelah mengganti popok bayi
  • Sebelum menyususi
  • Sebelum memegang buah hati atau bayi
  • Setelah memegang benda-benda kotor, berdebu, dan berkarat
  • Setelah batuk atau bersin
  • Setelah memegang dan membersihkan luka dan sejenisnya
  • Memegang hewan peliharaan
  • Setelah belajar
  • Setelah bermain

Kebiasaan bagi anak-anak setelah bermain ia lupa untuk mencuci tangan dan biasanya kalau ingin makan sehabis bermain ia akan langsung menuju ke tempat makan dan mengambil makanan. Untuk itu bagi para orang tua untuk selalu mengajarkan anaknya dengan membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar sebelum dan sesudah melakukan aktifitas dirumah atau pun didalam rumah.

Langkah Mencuci Tangan

Mengingat pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar  merupakan suatu hal yang sangat lah penting agar kebersihan selalu terjaga serta mencegah kuman dan bakteri yang berpindah dari tangan hingga masuk kedalam tubuh.

Berikut 7 langkah cuci tangan dengan baik dan benar:

1) Nyalakan kran air untuk membasahi kedua telapak tangan hingga pergelangan tangan yang kemudian ambil sabun dan usap serta gosokkan di kedua telapak tangan secara lembut.

7 langkah cuci tangan

2) Usap dan gosokkan juga kedua punggung tangan secara bergantian agar dapat menghilangkan kuman-kuman yang tersisa pada bagian luar tangan atau punggung tangan.

7 langkah cuci tangan

3) Gosok juga pada bagian sela-sela jari tangan, karena kuman juga dapat menempel pada sela-sela jari tangan.

7 langkah cuci tangan

4) Bagian yang terpenting adalah pada bagian kuku, karena kuku merupakan sarang yang mana banyak kuman-kuman bersembunyi dan bersarang pada bagian ini. Sehingga diharuskan untuk membersihkannya secara bergantian dengan mengantupkannya.

7 langkah cuci tangan

5) Gosoklah dan putar kedua ibu jari dan lakukan secara bergantian hingga bersih.

7 langkah cuci tangan

6) Letakkan ujung jari atau ujung kuku pada telapak tangan kemudian gosok memutar secara perlahan hingga kuman dan bakteri akan segera hilang.

7 langkah cuci tangan

7) Bersihkan kedua pergelangan tangan dengan cara memutar, dan lakukan secara bergantian, kemudian bilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir atau dari kran dan keringkan dengan menggunakan tisu atau handuk.

7 langkah cuci tangan

Untuk melakukan 7 langkah cuci tangan diatas kira-kira memakan waktu paling cepat sekitar 30 detik saja, bukan waktu yang lama untuk dilakukan. Namun perlu juga melakukan 7 langkah cuci tangan tersebut dengan baik dan benar dalam artian jangan tergesa-gesa karena mencuci tangan berguna untuk menjaga kebersihan agar terhindar dari berbagai macam kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Mudah, Simpel dan kita pun Sehat.

Manfaat Mencuci Tangan

Adapun manfaat yang akan didapatkan ketika kita telah melakukan 7 langkah cuci tangan dengan baik dan benar yang sesuai dengan langkah-langkahnya yang dapat melindungi serta mencegah dari berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh kuman dan bakteri di tangan. Manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dapat menghilangkan segala macam kotoran yang ada pada tangan.
  • Dapat menghilangkan segala macam kuman dan bakteri yang menempel pada tangan.
  • Dapat mencegah berbagai macam penyakit yang ditimbulkan oleh kuman dan bakteri yang bersarang pada tangan.
  • Dapat mencegah timbulnya penyakit yang menular dari satu orang keorang lain.
  • Tangan akan menjadi bersih dan harum
  • Menjadikan dan membiasakan untuk hidup sehat
7 langkah cuci tangan

ngasih com

Nah itulah tadi penjelasan mengenai 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar dengan berbagai macam manfaat yang didapat dari hal tersebut. Semoga bermanfaat bagi para sahabat pembaca sekalian dan semoga menjadikannya motivasi agar memiliki pola dan gaya hidup sehat dengan mengawalinya dari hal yang kecil seperti mencuci tangan.

“Mari kita jaga kesehatan dengan membiasakan mencuci tangan dengan 7 langkah cuci tangan yang baik dan benar”

Leave a Reply